Di Rumah Makan ini Jengkol Menjadi Menu Utama

Iwan Gumilar    •    Minggu, 31 May 2015 17:17 WIB
kuliner
Di Rumah Makan ini Jengkol Menjadi Menu Utama
Semur jengkol. MI/Sumaryanto

Metrotvnews.com, Bandung: Jengkol, bagi orang sunda, sering kali dijadikan lalapan sambal. Namun, ada satu rumah makan di Kota Bandung yang menjadikan jengkol tak sekadar menu sampingan.

Ya, di Rumah Makan Djengkol, semua menu pasti berkaitan dengan jengkol. Mulai dari nasi semur jengkol, nasi rendang jengkol, dan sambel jengkol.

Tak perlu khawatir mulut Anda akan bau setelah memakan makanan serba jengkol ini. Di rumah makan yang terdapat di kawasan Jalan Banteng ini, jengkol diolah sedemikian rupa hingga tak bau di mulut.

"Kami memberi rempah-rempah agar mulut tak bau," kata pemilik warung makan Djengkol, Eliyasari, ditemui Metrotnews.com, Minggu (31/5/2015).

Setiap hari, rumah makan yang sudah berdiri enam bulan ini, selalu ramai dikunjungi pembeli. Erika, salah seorang pengunjung, mengaku sejak baru dibuka, dia sudah menjadi pelanggan tetap.

"Olahan semur jengkol di sini paling enak. Harganya pun terjangkau," kata dia.

Harga jengkol yang turun-naik membuat rumah makan ini memainkan kuantitas. Jika sedang mahal, maka satu porsi makanan akan dikurangi demi menjaga harga. Sebaliknya, begitu harga normal kembali, satu porsinya kembali seperti semula.

"Balado jengkol misalnya. Jika harganya sedang mahal, mungkin kita hanya memberikan 9 potong jengkol dari yang biasanya 12 potong," kata Eliyasari.


(UWA)