Cemaskan Yunani, Bursa Saham Asia Tergelincir

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 01 Jun 2015 08:19 WIB
bursa saham asia
Cemaskan Yunani, Bursa Saham Asia Tergelincir
Saham di Asia bergerak melemah karena kekhawatiran utang Yunani. AFP PHOTO/ MOHD RASFAN

Metrotvnews.com, Tokyo: Saham-saham di Asia tergelincir pada perdagangan Senin pagi karena kekhawatiran terus-menerus terhadap situasi keuangan Yunani yang genting. Selain itu, data AS yang suram melemahkan kepercayaan investor.

Reuters melansir, Senin, 1 Juni, indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang turun sekitar 0,5 persen pada awal perdagangan. Sementara indeks saham Nikkei Jepang melemah 0,5 persen atau setara 104 poin.

Selain itu, indeks saham Hong Kong, Hang Seng, juga terkoreksi 30,12 poin atau sebesar 0,11 persen, indeks Korea Selatan Kospi melandai 0,95 persen atau setara 20,12 poin, serta indeks saham Australia ASX 200 turun 1,17 persen atau 67,76 poin.

Seperti diketahui, Yunani dan kreditur Eropa sepakat untuk memenuhi kebutuhan akan dana demi mencapai kesepakatan reformasi utang sebelum melewatkan batas waktu pada Minggu. Kemudian pada hari ini juga Tiongkok akan merilis data manufaktur indeks Purchasing Managers atau PMI, yang diperkirakan menuju ke level 50,2 dari sebelumnya 50,1.

Kemudian, Pemerintah Amerika Serikat (AS) juga merevisi estimasi produk domestik kuartal pertama untuk menunjukkan PDB yang mengalami kontraksi pada tingkat tahunan sebesar 0,7 persen.

Namun angka tersebut sedikit lebih baik dari ekspektasi ekonom yang diprediksi melemah 0,8 persen, tapi masih menggarisbawahi fakta bahwa pemulihan ekonomi terhenti awal tahun ini, dan pembuat kebijakan Federal Reserve mungkin menunggu lebih lama untuk menaikkan suku bunga AS sampai mereka lebih percaya adanya momentum pertumbuhan perekonomian.


(AHL)