Jangan Tanyakan Ini Pada Orangtua yang Mengadopsi Anak

   •    Senin, 01 Jun 2015 09:20 WIB
keluarga
Jangan Tanyakan Ini Pada Orangtua yang Mengadopsi Anak
Adopsi adalah jalan terakhir untuk miliki anak. (Foto:Huffingtonpost.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada berapa hal yang sebaiknya tidak Anda katakan kepada orang yang mengadopsi anak maupun sedang dalam proses adopsi. Beberapa hal yang Anda katakan mungkin akan menyinggung perasaan mereka sehingga mereka akan merasa sangat malu karena memutuskan untuk mengadopsi anak.

Berikut ini adalah hal-hal yang tidak perlu Anda katakan kepada orang tua yang mengadopsi anak seperti dilansir dari Sheknows.

Berapa banyak biaya yang di keluarkan untuk bayi itu?

Proses adopsi bukan seperti pergi ke toko bayi dan memilih bayi seakan membelinya. Tidak ada harga yang dicantumkan. Anda harus ingat bahwa Anda juga memiliki bayi dengan harga mahal. Dimana saat masa kehamilan Anda akan berobat berkali-kali ke rumah sakit, tagihan saat melahirkan dan semua yang Anda siapkan untuk bayi Anda.

Orang tua angkat hanya membayar untuk biaya "melahirkan" dengan cara yang berbeda dibandingkan biaya melahirkan yang sewajarnya. Ini bukanlah pertanyaan yang relevan.

Apakah Anda akhirnya mendapatkan bayi Anda?

Ini mungkin pertanyaan orangtua angkat saat mereka berada ditahap menunggu adopsi. Periode ini penuh dengan kecemasan dan stres, dan Anda tidak mungkin menanyakan hal ini. Anda seharusnya berada di sana untuk mendukung mereka.

Seharusnya Anda bersyukur tidak mengalami rasa sakit saat masa kehamilan dan melahirkan

Jangan salah, orang tua angkat mengalami rasa sakit selama proses mengadopsi. Mereka mungkin bertahun-tahun melakukan proses perawatan kesuburan untuk mencoba hamil.

Mereka mungkin awalnya menolak pilihan untuk mengadopsi. Mereka juga mungkin menginginkan masa hamil dan melahirkan seperti orang lain rasakan. Ada begitu banyak sakit hati, khawatir, ketakutan, kecemasan dan emosional lainnya yang menyakitkan. Berhati-hatilah dengan kalimat semacam itu.

Dimana orang tua yang asli? Kenapa mereka memberikannya pada Anda?

Setiap pertanyaan menggunakan kata asli sangat tidak relevan. Karena tidak ada orangtua asli dan orangtua palsu. Orang-orang yang mengadopsi adalah orangtua dari anak tersebut karena mereka yang merawat dan membesarkan mereka. 

Lebih tepat mungkin Anda bisa menanyakan dengan bahasa, "kemana orang tua biologisnya?"

Anda akan hamil setelah mengadopsi

Ini merupakan komentar yang sangat sensitif. Banyak orang menganggap mengadopsi karena mereka tidak bisa hamil, tetapi itu tidak selalu terjadi. Mungkin mereka pergi dengan melalui betapa kerasnya berusaha untuk hamil. Adopsi merupakan pilihan terakhir setelah berbagai cara dilakukan agar mendapatkan seorang anak.

Apa yang Anda lakukan saat orang tua biologisnya datang kembali?

Pertanyaan ini berbahaya bagi kedua orang tua angkat dan orang tua biologis. Proses adopsi diatur sedemikian rupa bahwa ada banyak tahapan pengambilan keputusan dan langkah-langkah hukum yang rumit. Mengajukan pertanyaan ini akan menciptakan ketakutan yang besar bagi orang tua angkat. (Sumarni)


(LOV)