Yunani & Kreditur Eropa Temui Titik Kesepakatan?

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 01 Jun 2015 10:36 WIB
ekonomi yunani
Yunani & Kreditur Eropa Temui Titik Kesepakatan?
Ilustrasi. Reuters/Francois Lenoir

Metrotvnews.com, Athena: Pemerintah Yunani dan kreditur Eropa sepakat pada kebutuhan pencapaian kesepakatan reformasi utang secepat mungkin. Di mana Athena telah melewatkan batas waktunya pada hari Minggu untuk mencapai kesepakatan dalam membuka bantuan.

Demikian seperti dilaporkan sebuah sumber yang dekat dengan pembicaraan kesepakatan reformasi utang tersebut, seperti dilansir dari Reuters, Senin (1/6/2015).

Athena dan kreditur zona euro beserta Dana Moneter Internasional (IMF) telah terkunci dalam pembicaraan kesepakatan reformasi selama berbulan-bulan. Tanpa adanya kesepakatan, Athena berisiko mengalami kebangkrutan dalam beberapa pekan.

Tekanan telah meningkat dalam beberapa hari terakhir dimana Athena tengah menghadapi pembayaran utang kepada Dana Moneter Internasional pada 5 Juni serta berakhirnya program bailout pada 30 Juni.

Pemerintah mengatakan pekan ini sedang mencari kesepakatan, tapi sumber yang dekat dengan pembicaraan kesepakatan ini di Brussels, yang disebut Kelompok kreditur Uni Eropa/IMF, mengatakan bahwa itu tidak mungkin.

Dalam wawancara melalui telepon pada hari Minggu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Francois Hollande, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mendorong solusi politik untuk mengatasi masalah ekonomi negara.

"(Teleconference) berlangsung dalam iklim yang sangat baik," kata seorang pejabat Yunani, menambahkan bahwa ketiganya mengakui perlunya kesepakatan diakhiri dengan cepat.

Tsipras telah lama mencari dorongan politik untuk mengakhiri negosiasi dan mendapatkan bantuan yang mengalir ke negaranya yang sedang kekurangan. Tetapi pemberi pinjaman bersikeras bahwa Yunani harus menyelesaikan pembicaraan di tingkat teknis dengan konsesi yang memadai reformasi sehingga angka anggaran dan utang bertambah.

Dalam kolom yang dipublikasikan di website harian Prancis Le Monde, Minggu, Tsipras mengatakan Yunani tidak harus disalahkan karena belum mencapai kesepakatan dengan kreditur dan meminta para pemimpin Eropa untuk memotong pembicaraan teknis.


(AHL)