APLI Minta Masyarakat Waspadai Investasi Bodong

Fauzan Hilal    •    Senin, 01 Jun 2015 10:39 WIB
penipuan
APLI Minta Masyarakat Waspadai Investasi Bodong
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat diminta mewaspadai investasi yang ditawarkan perusahaan bodong. Sebab, kasus penipuan itu telah terjadi hampir merata di tanah air dengan sebagian besar korban warga menengah ke bawah.

Ketua Umum Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), Djoko H Komara mengatakan, aksi investasi bodong harus disikapi serius semua pihak. Perusahaan penipu itu beroperasi dengan beragam modus.

“Warga perlu waspada model bisnis yang ditawarkan oleh Multilevel Marketing (MLM) yang memberikan keuntungan tidak wajar. Memang sangat menggiurkan, itu cara perusahaan bodong menarik korbannya,” kata Djoko, dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/6/2015).

Ia mengungkapkan, pelaku menggunakan sistem piramida bukan dari struktur perusahaan. Sistem itu menggambarkan iming-iming keuntungan yang bisa diambil anggota lama dari anggota baru. Namun, bukan dari produk yang ditawarkan. Artinya, uang yang diinvestasikan hanya berputar tanpa ada usaha nyata.

Untuk langkah pencegahan, APLI masih berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan jajaran kepolisan, serta pihak terkait agar korban penipuan tidak bertambah.


(FZN)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA