NasDem Siap Dukung Ahok, Tapi Ada Syaratnya

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 01 Jun 2015 10:44 WIB
ahok
NasDem Siap Dukung Ahok, Tapi Ada Syaratnya
Victor Laiskodat. Foto: Susanto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPP Partai NasDem Victor Laiskodat mengatakan partainya siap mendukung Basuki Tjahaja Purnama untuk kembali maju jadi Gubernur DKI pada Pilkada 2017. Tapi ada syarat yang wajib dipenuhi Ahok, panggilan akrab Basuki.  

"Kami punya standar, harus lewat survei kinerjanya, kalau ternyata bagus kami usulkan untuk DKI," kata Victor di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (1/6/2015).

Victor menjelaskan, kader yang dipilih Partai NasDem wajib dekat dengan rakyat dan bekerja untuk rakyat. Sebab, hal itu sesuai dengan nilai-nilai dasar NasDem.

"Ditambah lagi, kalau bekerja serius untuk kepentingan rakyat, NasDem akan di situ. Karena NasDem partai politik yang gagasannya untuk kepentingan rakyat," lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI, Bestari Barus mengatakan, pihaknya akan membuka diri untuk Ahok maju dalam Pilgub DKI 2017. "Kalau Ahok niat maju lagi dan minta dukungan ke NasDem, kami terbuka," kata Bestari saat dihubungi, Kamis 28 Mei.

Sehari sebelumnya, Ahok mengisyaratkan kepada parpol yang ingin mengusung dirinya menjadi Gubernur DKI. Sebab terbitnya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 Tahun 2015 dinilai Ahok membertakan calon independen.
 
Di PKPU diatur, calon kepala daerah yang hendak maju melalui jalur independen harus memenuhi persentase dukungan minimal 7,5-10 persen dari total pemilih masing-masing provinsi. "Tergantung. Kalau ada parpol yang mau mencalonkan, saya terima," kata Ahok, Rabu 27 Mei lalu.

Ahok tak lagi berpartai setelah memutuskan keluar dari Partai Gerindra beberapa waktu lalu.


(KRI)