ISIS Wajibkan Semua Pria di Mosul Berjanggut Lebat

Willy Haryono    •    Senin, 01 Jun 2015 11:23 WIB
isis
ISIS Wajibkan Semua Pria di Mosul Berjanggut Lebat
Sebuah bendera berkibat di sebuah mural kelompok militan Islamic State (ISIS) di Irak. AFP PHOTO / YOUNIS AL-BAYATI

Metrotvnews.com, Mosul: Setiap bercermin, Laith Ahmed khawatir. Pemuda Irak itu takut dagunya yang tak berjanggut dapat membuat dirinya berakhir di penjara kelompok militan Islamic State (ISIS). 

Belum lama ini, ISIS menyebarkan pamflet yang mewajibkan semua pria di Mosul untuk berjanggut lebat mulai Senin (1/6/2015). Jika pada tanggal tersebut ada pria yang tak berjanggut, hukuman berat menanti. 

"Janggut saya tumbuhnya pelan, mungkin karena usia saya," tutur Ahmed, 18 tahun, yang enggan menyebutkan nama aslinya karena takut terdeteksi ISIS. 

"Saya takut karena mereka menghukum berat siapapun yang melanggar instruksi mereka," sambung dia kepada AFP dari Mosul, kota yang diklaim ISIS sebagai ibu kota mereka. 

"Saya bekerja di toko roti, sehingga saya harus keluar rumah setiap hari dan berinteraksi dengan militan Daesh," kata Ahmed, menggunakan akronim ISIS dalam Bahasa Arab. 

Mosul adalah kota terbesar kedua di Irak dan memiliki populasi sekitar dua juta orang. Karena banyaknya warga sipil, koalisi pimpinan Amerika Serikat sulit menyerang Mosul. 

ISIS menjadikan Mosul sebagai tempat eksperimen mereka, dalam mengatur berbagai hal, mulai dari pendidikan warga hingga jam berapa semua toko harus buka dan tutup. 

"Apa yang dilakukan pekerja salon saat ini, mencukur atau menipiskan janggut pria, adalah perbuatan dosa," demikian tertulis dalam pamflet ISIS, yang juga mengutip beberapa hadis Nabi Muhammad, yang diklaim mereka mendukung aturan berjanggut lebat. 

"Berkat saudara-saudara kita di kepolisian Islamic, sebuah aturan telah dikeluarkan, sehingga siapapun yang berani mencukur janggutnya, akan dihukum," lanjutnya. 



(WIL)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

4 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA