NasDem Usulkan Pilpres Gunakan Electoral Vote

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 01 Jun 2015 12:21 WIB
partai nasdem
NasDem Usulkan Pilpres Gunakan <i>Electoral Vote</i>
Partai NasDem. Foto: Yusran Uccang/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai NasDem akan mengusulkan perubahan sistem pemilihan presiden dan wakil presiden. Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR, Victor Laiskodat mengatakan usulan itu adalah upaya untuk perbaikan sistem demokrasi.

"Partai NasDem mengusulkan untuk perbaikan sistem pencalonan presiden. Ke depan kemenangan presiden bukan hanya karena popular vote yakni one person one vote, tapi kita usulkan electoral vote. Itu buah pemikiran NasDem," kata Victor usai Apel Siaga Peringatan Hari Pancasila di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (1/6/2015).

Victor menjelaskan, sistem electoral vote yang dimaksud adalah sistem yang sama dengan pemilihan calon anggota legislatif. Dikatakannya, sistem ini mencerminkan semangat Pancasila.

"Pandangan Partai Nasdem perlu semangat kebersamaan Pancasila enggak boleh ada kesan ada minority, kami bawakan pikiran bukan popular vote, tapi electoral vote. Jadi nanti pemilihannya per dapil seperti DPR dan DPRD," ungkapnya.

Victor juga menguraikan, sistem itu merupakan cermin dari Indonesia yang seluruh warganya mempunyai hak politik yang sama adil. Ia pun menuturkan, sistem pemilihan presiden itu nantinya memiliki Daerah Pemilihan (Dapil) layaknya calon legialatif.

"Misalnya ada 77 dapil dan memenangkan 39 dapil itu bisa maju. Hal ini tergambar Indonesia yang terdiri dari banyak suku bangsa dan agama apapun punya hak yang sama. Makanya, nanti kita akan usulkan di dalam revisi UU Pilpres mendatang," pungkas Victor.


(KRI)