Sejumlah Warga AS Ditahan Pemberontak Yaman

Willy Haryono    •    Senin, 01 Jun 2015 12:34 WIB
konflik yaman
Sejumlah Warga AS Ditahan Pemberontak Yaman
Militan Houthi memeriksa kerusakan akibat serangan udara koalisi Arab di kota Al-Thawra, Yaman, 31 Mei 2015. AFP / MOHAMMED HUWAIS

Metrotvnews.com, Washington: Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat mengonfirmasi sejumlah warga Negeri Paman Sam ditahan kelompok pemberontak Houthi di Yaman. 

The Washington Post melaporkan warga AS itu diyakini ditahan di sebuah penjara di dekat Sanaa, ibu kota Yaman. Usaha AS membebaskan mereka semua terhambat karena tidak adanya akses langsung kepada Houthi.

"Kemenlu telah melihat laporan sejumlah warga AS belakangan ini ditahan di Yaman," tutur seorang pejabat kepada AFP, Minggu (31/5/2015). 

"Kami berusaha melakukan segala cara untuk membebaskan mereka. Perlindungan warga AS adalah prioritas utama," sambung dia, tanpa menyebut detail lainnya. 

Pejabat itu menambahkan dari semua yang ditahan, tidak ada satu pun yang merupakan pegawai pemerintah AS. Tiga dari mereka diyakini sebagai pekerja di sektor privat, sementara satunya lagi berkewarganegaraan ganda, AS dan Yaman. 

Sejak 26 Maret, Saudi Arabia memimpin koalisi untuk menyerang Houthi di Yaman. 



(WIL)