BPS Prediksi Inflasi Puasa & Jelang Lebaran di Bawah 1%

Husen Miftahudin    •    Senin, 01 Jun 2015 14:24 WIB
inflasi
BPS Prediksi Inflasi Puasa & Jelang Lebaran di Bawah 1%
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi saat puasa dan menjelang Lebaran bakal terjadi inflasi akibat kenaikan beberapa barang-barang kebutuhan pokok. Inflasi puasa dan jelang Lebaran pada Juni tersebut inflasi diprediksi tak mencapai satu persen.

"Kalau dikendalikan bisa (inflasi di bawah satu persen). Kalau sekarang saya kira bisa di bawah satu persen menjelang puasa dan Lebaran nanti, karena sudah ancang-ancang," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo, usai konferensi pers tentang inflasi di kantornya, Jalan Dr Sutomo No 6-8, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (1/6/2015).

Yang terpenting, lanjut dia, pemerintah dapat mengendalikan bahan-bahan pokok yang memiliki bobot tinggi terhadap inflasi seperti beras. Jika bisa dikendalikan, maka inflasi yang terjadi pada Juni saat puasa dan menjelang Lebaran, akan dapat diatasi dan tak menyentuh angka tinggi.

"Kalau pemerintah menggunakan cadangan beras yang ada di Bulog (Badan Urusan Logistik) untuk intervensi pasar dan juga dengan cara-cara lainnya dalam mengendalikan harga, saya kira masih bisa terjaga," yakin Sasmito.

Ia menyebut, bahan-bahan komoditas pokok yang mempunyai bobot dan andil besar terhadap inflasi lainnya seperti telur, tepung terigu, dan cabai tak mengubah struktur inflasi menjadi lebih besar. Pasalnya, kondisi suplai terkendali sehingga dapat memnuhi kebutuhan pasar yang melonjak drastis saat puasa dan menjelang Lebaran nantinya.

"Yang dikhawatirkan itu bahan pokok seperti beras, minyak goreng, ayam, serta bumbu-bumbuan. Karena selain punya andil dan bobot yang besar, suplainya pun sulit," papar dia.

Meskipun demikian, pihaknya tetap optimistis inflasi puasa dan jelang Lebaran nanti tak akan tembus angka satu persen. Hal ini melihat inflasi yang terjadi pada puasa dan jelang Lebaran pada tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun lalu, Juni 2014, menjelang Lebaran inflasinya hanya 0,43 persen. Tahun sebeumnya, 2013, itu hanya 0,9 persen. Kemudian puasa dan jelang Lebaran Juni 2012, itu juga inflasinya tak sampai satu persen. Kita harapkan pemerintah jaga struktur pasar agar inflasi berada di bawah satu persen," tutup Sasmito.


(AHL)