Polda DIY Bekuk 12 Pengedar Narkoba dalam 40 Hari

Patricia Vicka    •    Senin, 01 Jun 2015 15:59 WIB
narkoba
Polda DIY Bekuk 12 Pengedar Narkoba dalam 40 Hari
Foto: Sejumlah tersangka pengedar narkoba di Polda DIY/MTVN_Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Direktorat Reserse Narkoba Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menangkap 12 pengedar narkoba dalam dua bulan terakhir. Selain narkoba, polisi juga menyita senjata api dari tangan tersangka.

"Selama operasi 20 April hingga 31 Mei, kami berhasil mengungkap 22 kasus (narkoba) dari target 35 kasus. Ada 12 pengedar yang kami tangkap," kata Direktur Reserse Narkoba Polda DIY Kombes Pol Andi Fairan, Senin (1/6/2015).

Semua pengedar yang ditangkap itu laki-laki. Berusia 20 hingga 24 tahun. "Empat orang karyawan sedangkan 8 lainnya lagi masih berstatus mahasiswa. Di Yogyakarta mahasiswa masih menjadi target paling rawan," kata dia.

Dalam penangkapan ini polda telah mengamankan barang bukti berupa ganja seberat 19 gram dan sabu-sabu 0,28 gram. Satu unit senjata api jenis Browning Hi Power kaliber 9mm disita dari tangan tersangka.

"Salah satu pengedar berinisial AA memiliki senpi dengan 9 peluru. Ia mendapatkan barang tersebut dari BY di Sukoharjo. Ia akan kami jerat dengan pasal berlapis," kata Andi.

Para pengedar narkoba yang ditangkap itu merupakan jaringan pengedar narkoba di Sukoharjo dan Solo, Jawa Tengah. Polda DIY akan mengembangkan penyelidikan guna menangkap pengedar narkoba lainnya.


(TTD)