Kejagung Akan Ajukan Kasasi Putusan Bebas Yance

Meilikhah    •    Senin, 01 Jun 2015 16:35 WIB
kasus korupsi
Kejagung Akan Ajukan Kasasi Putusan Bebas Yance
Jaksa Agung HM Prasetyo. Foto: Ismar Patrizki/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Bekas Bupati Indramayu Irianto MS Syaffiudin atau Yance divonis bebas Pengadilan Tipikor Bandung. Wakil Ketua DPRD Jawa Barat ini tak terbukti terlibat dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan PLTU I di Sumuradem, Indramayu.

Menanggapi putusan ini, Jaksa Agung HM Prasetyo menyatakan akan mengajukan kasasi kepada Mahkamah Agung.  

"Bagaimanapun semua pihak harus menghormati keputusan hakim Tipikor Bandung yang telah menjatuhkan putusan bebas kepada terdakwa. Namun demi ditemukannya kebenaran materiil, Jaksa Penuntut Umum masih dapat dan akan mengajukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung," kata Prasetyo dalam keterangan tertulisnya yang diterima Metrotvnews.com, Senin (1/6/2015).

Kejaksaan Agung, kata Presetyo, juga akan menggelar eksaminasi. Itu dilakukan untuk melihat kemungkinan adanya kekeliruan atau kekurangan dalam putusan tersebut. Menurutnya, putusan itu merupakan bagian dari kenyataan dan realita yang mesti dihadapi dalam penegakan hukum.

"Dimana bisa saja terjadi pemahaman, pandangan, pendapat dan penilaian yang berbeda dalam masalah yang sama antara penuntut umum dan hakim di pengadilan yang memiliki kebebasan dan kewenangan penuh untuk memutus perkaranya," papar Prasetyo.

Meski begitu, kata dia, Kejagung menghormati putusan pengadilan Tipikor Bandung. "Bagaimanapun putusan itu harus kita hormati," pungkasnya.

Yance, mantan Bupati Indramayu dua periode itu, ditetapkan sebagai tersangka sejak 13 September 2010 karena diduga terlibat dalam korupsi pembebasan lahan seluas 82 hektare untuk pembangunan PLTU I di Sumuradem, Indramayu. Ia diduga melakukan tindak pidana korupsi karena harga lahan dinilai tidak sesuai ketentuan. Negara pun ditaksir mengalami kerugian sebesar Rp42 miliar. Di pengadilan, Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi saksi meringankan Yance.


(KRI)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

6 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA