Pemkab Brebes Gerebek Gudang Bawang Impor

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 01 Jun 2015 17:36 WIB
bawang
Pemkab Brebes Gerebek Gudang Bawang Impor
Petani sedang menurunkan bawang di Brebes, Jawa Tengah. Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Brebes, Jawa Tengah, menggerebek sebuah gudang yang điduga digunakan untuk menyimpan bawang impor ilegal. Petugas hanya menemukan sisa bawang impor ilegal yang telah dipasarkan.

Kepala Disperindag Kabupaten Brebes, Zaenudin, menyebutkan petugas menemukan sisa bawang impor ilegal asal Filipina di dalam gudang yang berlokasi di kawasan Islamic Centre, Brebes.

Meski digunakan sebagai gudang bawang impor ilegal, namun pada bagian luar gudang terdapat spanduk bertuliskan kantor pemasaran perumahan Griya Sakinah.

“Berdasarkan peraturan Bupati, kami berkewajiban mengendalikan bawang impor ilegal untuk menjaga agar harga bawang lokal tidak jatuh,” kata Zaenudin, Senin (1/6/2015).

Menurut zaenudin, sejauh ini belum ada instruksi dari Kementerian Perdagangan untuk mengizinkan impor bawang. Maka dari itu, pemkab Brebes akan terus mengawasi gudang tersebut dan akan memanggil pemiliknya untuk dimintai keterangan.

Sejumlah karyawan gudang menyebut bawang impornya sudah dipasarkan dua hảri lalu oleh pemilik gudang berinisial H.

Bawang impor ilegal menjadi momok bagi petani di Kabupaten Brebes karena bisa menjatuhkan harga bawang lokal. Namun demikian, praktik impor bawang ilegal kerap dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.
 


(UWA)