Yance Bebas, JK Dukung Kejagung Ajukan Kasasi

Dheri Agriesta    •    Senin, 01 Jun 2015 17:51 WIB
kasus korupsi
Yance Bebas, JK Dukung Kejagung Ajukan Kasasi
Irianto MS Sjafiudin alis Yance. (Foto: Antara/ Agung Bebeng)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mendukung Kejaksaan Agung untuk melayangkan kasasi bebasnya Irianto MS Sjafiudin alias Yance di Pengadilan Tipikor Negeri Bandung terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan PLTU I di Sumuradem, Indramayu.
 
"Hak kejaksaan juga (kasasi), itu boleh saja," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (1/6/2015).
 
JK menilai, keputusan Pengadilan Tipikor Bandung sudah benar. Sebab, JK yakin Yance tak melakukan tindakan merugikan negara, karena harga pembebasan lahan tak mahal dan prinsip pembayaran bukan ganti rugi. Kebijakan Yance dinilai untungkan banyak pihak.
 
"Kalau tidak salah dibebaskan, kalau salah dihukum. Jangan berpikir semua orang yang di pengadilan harus bersalah dan dipenjara, namanya juga pengadilan," tandas JK.
 
Sebelumnya, Yance divonis bebas Pengadilan Tipikor Bandung. Wakil Ketua DPRD Jawa Barat ini terbukti tak terlibat dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan PLTU I di Sumuradem, Indramayu.
 
Menanggapi putusan ini, Jaksa Agung HM Prasetyo akan mengajukan kasasi kepada Mahkamah Agung. "Semua pihak harus menghormati keputusan hakim Tipikor Bandung yang menjatuhkan putusan bebas kepada terdakwa. Namun, demi ditemukannya kebenaran materiil, Jaksa Penuntut Umum akan mengajukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung," kata Prasetyo dalam keterangan tertulisnya yang diterima Metrotvnews.com, Senin (1/6/2015).
 
Kejaksaan Agung akan menggelar eksaminasi untuk melihat adanya kekeliruan atau kekurangan dalam putusan tersebut. Menurutnya, putusan itu bagian dari kenyataan dan realita yang harus dihadapi dalam penegakan hukum.


(FZN)

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

36 minutes Ago

Novanto tiba di Pengadilan Tipikor Jakarta pada pukul 09.40 WIB. Ia mengenakan kemeja putih dib…

BERITA LAINNYA