Telkom Bakal Akuisisi GTA Teleguam

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 01 Jun 2015 17:53 WIB
telkom
Telkom Bakal Akuisisi GTA Teleguam
Ilustrasi -- MI/IMMANUEL ANTONIUS

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) melalui unit usaha internasional, Telekomunikasi Indonesia International (USA) Inc atau Telkom USA telah mencapai kesepakatan dengan Advantage Partners (AP) untuk melakukan akuisisi kepemilikan AP pada AP Teleguam Holdings, Inc, induk usaha dari GTA Teleguam (GTA).

Demikian seperti mengutip keterbukaan informasi perseroan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (1/6/2015), Direktur Wholesale dan International Business Telkom Honesti Basyir mengatakan transaksi ini memerlukan persetujuan dari beberapa otoritas di Guam dan Amerika Serikat (AS). Pada saat transaksi selesai, GTA akan menjadi bagian dari salah satu portofolio operasi internasional Telkom.

Akuisisi ini akan memperkuat portofolio internasional Telkom, yaitu Telin Singapore, Telin Hong-Kong, Telkom Australia, Telkom Taiwan, Telkom USA, Telin Malaysia, Telkom Macau, Telin Timor-Leste, dan kantor cabang di Myanmar.

"Kami sangat gembira dengan masuknya GTA ke dalam keluarga unit usaha internasional Telkom. Guam adalah pasar yang sangat menarik dan memiliki kesesuaian strategis untuk ekspansi internasional Telkom. Letak geografisnya strategis dengan PDB per kapita yang cukup besar di Asia, ditambah  dengan tingkat pendidikan yang baik serta telah mengadopsi teknologi telekomunikasi terkini baik fixed line maupun selular," ujar Honesti yang juga Presiden Komisaris Telkom International.

Hubungan Telkom dan GTA telah berlangsung lebih dari satu tahun, sambung dia, berawal dari kemitraan pada pengembangan sistem kabel bawah laut South East Asia United States (SEA-US). Kedua pihak merupakan bagian dari konsorsium dalam pembangunan peningkatan kapasitas seiring bertambahnya permintaan bandwidth antara Asia Tenggara dengan Amerika Utara.

"Keterlibatan kami pada proyek kabel bawah laut SEA-US memberikan kami peluang untuk mengenal GTA lebih baik. GTA adalah sebuah brand yang kuat dan disegani, sebagai perusahaan telekomunikasi terkemuka dengan pertumbuhan pesat di Guam. GTA memiliki komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, serta merupakan pemimpin pasat baik dalam hal teknologi maupun kualitas untuk bisnis seluler, fixed-line dan internet. Mereka juga memiliki karyawan berkinerja tinggi. Selain itu, kami sangat menghargai komitmen mereka dalam memberikan kontribusi kepada komunitas masyarakat disana," tuturnya.

Sementara itu, President dan CEO GTA Robert Haulbrook menambahkan, setelah 10 tahun kepemilikan private-equity. Perseroan meyakini waktu yang tepat bagi perusahaan untuk melakukan transisi menjadi sebuah perusahaan telekomunikasi internasional seperti Telkom. Sejak privatisasi 2005, GTA telah berhasil berubah menjadi perusahaan yang berkembang dengan cepat dan memiliki reputasi sangat baik untuk bisnis fixed-line, seluler dan produk atau jasa internet.

"Kami membawa layanan baru untuk pelanggan kami, jaringan GSM dan 4G LTE, layanan TV digital dan investasi pada jaringan fiber optik," tukas Haulbrook.


(AHL)