Artefak Raksasa Reruntuhan Candi Ditemukan di Tengah Sawah

Patricia Vicka    •    Senin, 01 Jun 2015 18:28 WIB
candi
Artefak Raksasa Reruntuhan Candi Ditemukan di Tengah Sawah
Artefak raksasa reruntuhan candi ditemukan di tengah sawah. Metrotvnews.com/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dua buah artefak reruntuhan candi ditemukan di tengah-tengah sawah di Dusun Karang Bajang, Desa Tlogoadi, Sleman, Yogyakarta.

Satu artefak berbentuk kalla (raksasa) dan satu lagi berbentuk antefik (hiasan). Artefak itu ditemukan salah seorang warga Tlogohadi, Tri Harjito.

Tri mengaku tak sengaja menemukan dua artefak dari laporan seorang pembajak sawah. "Kejadiannya sebulan yang lalu. Saya dapat laporan dari pembajak sawah. Traktor orang itu menabrak sebuah batu hingga terbalik. Saat saya cek ternyata ada batu berwarna hitam," ujar pria berusia 34 Tahun itu, di Dusun Karang Bajang, Tlogoadi Sleman, Senin (1/6/2015).

Ia lantas membongkar tanah di sekitar batu tersebut dan ia terkejut dengan keunikan bentuk batu. Atas saran warga, Tri lantas memberi tahu penemuan itu melalui laman Facebook.

"Saya upload ke Facebook Pemkab Sleman. Saya upload kemarin malam," jelas dia.

Mendadak sontak, foto tersebut mendapat banyak komentar dari netizen. "Polres Mlati sempat datang ke sini untuk melihat dua batu itu, kemarin malam," katanya.

Pantauan Metrotvnews.com, dua batu candi itu terletak di tengah-tengah sawah. Untuk bisa melihatnya, kita harus berjalan kaki melewati pematang sawah sejauh sekitar 100 Meter.

Batu pertama berbentuk seperti kepala raksasa yang memiliki mata, hidung, serta telinga. Sedangkan batu kedua berbentuk seperti hiasan pada dinding candi.

Batu berbentuk kalla memiliki lebar 90 sentimeter, tebal 30 sentimeter, dan tinggi 40 sentimeter dari permukaan air. Sedangkan batu antefik memiliki tinggi 23 sentimeter, lebar 84 sentimeter, dan tebal 50 sentimeter.

Sebagian besar bagian batu telah tertutup air sawah. Kedua batu berwarna hitam keabu-abuan dan kini tertutup rerumputan.
 


(UWA)