Mentan Amran Lantik 6 Pejabat Eselon I Hasil Lelang

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 01 Jun 2015 19:13 WIB
kementerian pertanian
Mentan Amran Lantik 6 Pejabat Eselon I Hasil Lelang
Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat melantik eselon I. FOTO: Dokumentasi Kementan

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melantik enam pejabat eselon I di jajaran Kementerian Pertanian (Kementan). Dilantik di Auditorium Gedung F Kantor Pusat Kementan, Senin (1/6/2015), keenam eselon ini merupakan hasil dari lelang jabatan yang digelar beberapa waktu lalu.

Pelantikan yang seharusnya digelar pukul 13.00 WIB ini jadwalnya dimajukan menjadi pukul 11.00 WIB karena Mentan Amran ingin langsung menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) dengan pejabat-pejabat yang baru dilantik.

"Kepada pejabat Pimpinan Tinggi Madya (eselon 1) yang baru dilantik, saya ucapkan selamat dan selamat bekerja karena beberapa tugas pekerjaan telah menunggu profesionalitas saudara dalam mengemban jabatan yang berkaitan dengan upaya mencapai swasembada, mewujudkan Nawacita serta meningkatkan kesejahteraan petani," ujar Menteri Amran dalam siaran persnya.

Adapun serah terima jabatan pimpinan struktural Kementan meliputi Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura dijabat Spudnik Sujono Kamino menggantikan Hasanuddin Ibrahim, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dijabat Muladno Basar menggantikan Syukur Iwantoro, dan Inspektur Jenderal diisi Justan Ridwan Siahaan menggantikan Azis Hidajat.

Sementara jabatan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dijabat Pending Dadih Permana menggantikan Winny Dian Wibawa dan jabatan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang sebelumnya dijabat Haryono digantikan M Syakir. Sedangkan jabatan Kepala Badan karantina Pertanian masih diisi Banun Harpini.

"Tak lupa saya atas nama pimpinan Kementerian Pertanian menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pejabat eselon I yang telah mengakhiri jabatannya atas dedikasi dan pengabdiannya. Sesungguhnya jabatan adalah amanah dan kita semua harus siap melaksanakannya," ucap Menteri Amran.

Dari keenam pejabat eselon I Kementan hasil lelang ini, empat di antaranya dari lingkungan Kementan, sementara dua orang dari luar lingkungan Kementan. Muladno Basar adalah Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), sementara Justan Ridwan Siahaan berasal dari lingkungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Pejabat-pejabat baru ini merupakan orang-orang yang benar-benar kompeten di bidangnya. Mereka diseleksi secara ketat oleh tim seleksi dan kami (Kementan) tidak dilibatkan," ujar Mentan Amran usai melantik.


(AHL)