Jadikan Bidang Kelautan Arus Utama Pembangunan Nasional

Annisa ayu artanti    •    Senin, 01 Jun 2015 19:21 WIB
kelautan dan perikanan
Jadikan Bidang Kelautan Arus Utama Pembangunan Nasional
Menteri ESDM Sudirman Said. FOTO: Antara/ANDIKA WAHYU

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said didampingi Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan resmi meluncurkan Peringatan Hari Nusantara ke-15 tahun 2015 di Pelabuhan Nelayan Nusantara Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat.

Peringatan Hari Nusantara merupakan perhelatan tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati dan mengisi Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia saat itu, Djuanda Kartawidjaya.

"Merupakan sebuah kebanggaan bagi Kementerian ESDM terpilih sebagai Ketua Pelaksana Nasional pada perhelatan yang memiliki makna besar bagi kemaritiman Indonesia," ungkap Sudirman, seperti dikutip dalam siaran tertulis Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (1/6/2015).

Sudirman mengatakan, peringatan Hari Nusantara ini merupakan sebuah momentum yang tepat untuk mengubah mindset bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang dari yang lebih berorientasi kepada matra darat tetapi juga berorientasi kepada matra laut yang seimbang.

"Hal ini menjadi tujuan utama diadakannya Peringatan Hari Nusantara untuk menjadikan bidang kelautan sebagai arus utama pembangunan nasional," kata dia.

Sebagai Ketua Pelaksana Hari Nusantara sekaligus Kementerian yang menaungi bidang energi, Sudirman mengatakan akan merahkan kemapuan terbaik untuk mengembangkan potensi sumber daya alam laut yang ada.

"Dengan pengelolaan potensi yang ada tersebut akan dapat mendukung pencapaian bauran energi baru terbarukan sebesar 23 persen pada 2025. Saat ini, energi baru terbarukan harus dijadikan sebagai energi utama. Di sisi lain, kementerian juga akan fokus terhadap potensi wilayah pesisir, seperti lahan dan penataan ruang yang aman, serta layak dari potensi bencana alam," jelas dia.


(AHL)

KPK yang Berani Jujur Hebat

KPK yang Berani Jujur Hebat

5 minutes Ago

KERJA ekstra keras yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menjerat Setya Novanto dal…

BERITA LAINNYA