Menteri ESDM: Potensi Laut Maksimal Hasilkan USD1,2 Triliun/Tahun

Annisa ayu artanti    •    Senin, 01 Jun 2015 19:31 WIB
kelautan dan perikanan
Menteri ESDM: Potensi Laut Maksimal Hasilkan USD1,2 Triliun/Tahun
Menteri ESDM Sudirman Said. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengungkapkan pemanfaatan kekayaan sumber daya maritim belum maksimal. Padahal bila dimaksimalkan dapat memberikan nilai ekonomi sampai dengan USD1,2 triliun per tahun.

Hal itu disampaikan Sudirman saat Peringatan Hari Nusantara ke-15 tahun 2015 yang berlangsung di Pelabuhan Nelayan Nusantara Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat.

"Pemanfaatan kekayaan sumber daya maritim masih belum maksimal. Optimalisasi wilayah Maritim Indonesia akan mampu memberikan nilai ekonomi sampai dengan USD 1.2 triliun per tahun atau tambahan 1,2 kali PDB pada saat ini atau delapan kali nilai APBN 2014," kata Sudirman dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (1/6/2015).

Dalam peringatan tersebut, Menteri ESDM juga menyatakan bahwa dalam potensi sumber daya alam laut yang dimiliki Indonesia terdapat potensi energi dan sumber daya mineral yang besar, termasuk di dalamnya adalah minyak dan gas, mineral, serta energi baru terbarukan.

"Dari berbagai potensi energi tersebut, salah satu yang dapat dikembangkan adalah energi baru terbarukan yang bersumber dari arus laut, pasang surut, gelombang dan perbedaan temperatur air laut," ungkap dia.

Selain itu, Sudirman juga menambakan, dengan memaksimalkan pengelolaan potensi energi dan sumber daya mineral yang terdapat pada sumber daya alam laut juga dapat membantu mewujudkan Indonesia sebagai 'Poros Maritim Dunia'.

"Pemerintah akan berusaha sebaik mungkin agar potensi-potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kejayaan dan kemakmuran bangsa, serta mendukung pembangunan infrastruktur energi dan umum di seluruh pesisir Indonesia," tutup dia.


(AHL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

4 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA