Padang Akan Jadi tuan Rumah Pertemuan IORA 5th

Annisa ayu artanti    •    Senin, 01 Jun 2015 19:35 WIB
kelautan dan perikanan
Padang Akan Jadi tuan Rumah Pertemuan IORA 5th
ILUSTRASI FOTO: AFP PHOTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertemuan the 5th Indian Ocean Rim Association (IORA) Bi-Annual Committee of Senior Officials (Bi-Annual CSO V) di Mauritius mengumumkan bahwa rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri IORA ke-15 akan diselenggarakan di Jakarta dan Padang, Sumatera Barat pada 20-23 Oktober 2015.

Ketua Delegasi RI, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri, Yuri O. Thamrin, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, para pelaku usaha Indian Ocean Rim Business Forum (IORBF) akan melakukan pertemuan pada 20 Oktober 2015 beriringan dengan Trade Expo Indonesia di Jakarta.

"Kota Padang terpilih selain karena lokasinya yang langsung dengan Samudera Hindia, juga mengingat antusiasmenya yang tinggi untuk dapat menjadi tuan rumah pertemuan-pertemuan IORA," kata Yuri, Jakarta, Senin (1/6/2015).

Yuri menjelaskan, pada pertemuan Bi-Annual CSO V, Indonesia telah menyampaikan rencananya untuk membawa kerja sama IORA ke tingkat yang lebih tinggi. Rencana Indonesia tersebut disambut positif dan mendapat pernyataan dukungan langsung dari sejumlah negara.

Lebih lanjut, Yuri mengungkapkan, saat pertemuan nanti, Indonesia akan resmi memulai masa kekuatan di IORA hingga 2017. Pasalnya, saat ini Australia merupakan ketua IORA dan Indonesia akan menjadi wakil ketua IORA periode 2015-2017.

Sebagai informasi, IORA merupakan organisasi di kawasan Samudera Hindia yang fokus pada pengembangan kerja sama di bidang ekonomi melalui enam bidang kerja sama prioritas, yaitu keamanan dan keselamatan maritim, fasilitasi perdagangan dan investasi, manajemen perikanan, manajemen risiko bencana, kerja sama akademik dan ilmu pengetahuan, serta pariwisata dan pertukaran budaya.


(AHL)