Mendikbud Dukung Hanung Produksi Film Kartini

Dwi Ayu Rochani    •    Senin, 01 Jun 2015 21:25 WIB
hanung bramantyo
Mendikbud Dukung Hanung Produksi Film Kartini
Anies Baswedan (Foto:MI/Permana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hanung Bramantyo akan mengangkat kisah kehidupan RA Kartini ke layar lebar. Niat sutradara muda itu mendapat dukungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan.

Sebab, menurut Anies, Kartini merupakan pahlawan yang mampu menginspirasi banyak orang, terutama generasi masa kini.

"Saya sangat mendukung sekali dibuat film tentang Kartini. Itu penting karena Kartini, hidup lahir beliau sampai wafat 25 tahun, tapi usia pikiran dan gagasan dari Kartini melampaui berbagai era hingga sekarang. Perjalanan hidup Kartini bisa menjadi pelajaran menarik bagi generasi kini," ucap Anies saat ditemui di kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (1/6/2015).

Diharapkan, melalui film Kartini, penonton akan tahu kisah Kehidupan Kartini yang sebenarnya. Sebab, menonton film sangat membantu dalam mengkonstruksi pengalaman atas sebuah fenomena.

"Dalam dua jam, film Kartini nanti akan dipilih momen mana yang jadi perhatian, dan pilihan itu yang akan mengkonstruksi pemikiran publik tentang Kartini," beber Anies.

Anies ingin generasi muda setelah menonton film Kartini akan mendapatkan semangat baru sehingga terpacu membangun bangsa lebih baik.

"Saya dulu waktu SD pernah satu sekolah nonton film di Yogya. Yang ditonton film November 1828, karya Teguh Karya. Saya tidak ingat nama tokohnya, tapi kami semua setelah nonton film itu punya semangat melawan kolonialisme dan meningkatkan nasionalisme," pungkasnya.

Film Kartini rencananya akan dirilis pada 21 April 2016. Film Kartini akan menyuguhkan kisah terpenting dalam hidup Kartini, yaitu perjuangan mendirikan sekolah pertama untuk kaum wanita di Indonesia.

Rencananya, Hanung juga akan menggaet aktris cantik Dian Sastrowardoyo untuk memerankan sosok Kartini.


(ROS)