Polri Revisi Aturan Telat Perpanjang SIM

- 18 Februari 2013 20:18 wib
<p><span class=ANTARA/Iggoy el Fitra/fz

" />

ANTARA/Iggoy el Fitra/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepolisian RI membuat kebijakan baru soal sistem perpanjangan surat izin mengemudi (SIM). Jika SIM habis masa berlakunya, pengemudi harus mengikuti mekanisme pembuatan SIM baru.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Agus Rianto mengatakan kebijakan itu diatur dalam Pasal 28 ayat 1-3 Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Pengemudi.

"Apabila SIM seseorang habis masa berlakunya, sejak saat itu tidak boleh mengendarai kendaraan dan untuk memperpanjangnya harus mengikuti uji ulang, seperti permohonan SIM baru apabila sudah mati SIM-nya," jelas Agus di Mabes Polri, Jakarta, Senin (18/2).

Itu dilakukan dalam rangka menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban fatal. Sebelumnya, Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Wahyono menjelaskan SIM memiliki masa berlaku selama lima tahun.

Dalam kurun waktu tersebut, seseorang mungkin saja mengalami perubahan tingkat keterampilan, kemampuan antisipasi, daya reaksi, dan daya konsentrasi, sehingga harus diuji ulang.

Kepada mereka yang masa berlaku SIM masih ada, harus melampirkan KTP, melampirkan SIM, dan menunjukkan surat lulus uji keterampilan simulator, serta surat keterangan kesehatan mata untuk perpanjangan. Aturan berlaku mulai 1 Maret 2013.

Namun Kadiv Humas Polri Irjen Suhardi Alius menyatakan peraturan melekat tentang SIM itu akan direvisi. "Kapolri memerintahkan untuk direvisi karena aturan itu membebani dan memberatkan masyarakat," ujar Suhardi.

Dia membenarkan aturan itu sudah ada sejak Febuari 2012. Masa sosialisasi satu tahun dan akan berlaku 1 Maret 2012. "Itu akan direvisi dan tenggang waktunya bukan satu hari, tapi akan didiskusikan lagi," ujar Suhardi. (Satwika/Santhy Sibarani/was)

()

Bakal calon presiden dari PDIP, Joko Widodo. -- Surya Perkasa

Teka-Teki Deklarasi Cawapres Jokowi

24 April 2014 21:51 wib

JOKOWI suguhkan teka-teki tentang cawapresnya.