Teliti Danau, Mantan Ketua Mahasiswa Brebes Jadi Guru Besar UGM

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 01 Jun 2015 22:26 WIB
pendidikan
Teliti Danau, Mantan Ketua Mahasiswa Brebes Jadi Guru Besar UGM
Prof Suwarno Hadisusanto dikukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Mantan Ketua Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) yang aktif pada Masa Bakti 1980-1982, Prof Suwarno Hadisusanto dikukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Di hadapan rapat terbuka majelis Guru Besar di Balai Senat Kantor Pusat UGM, ia memaparkan pentingnya pengelolaan danau secara komperehensif.

Menurutnya, pengelolaan danau harus melibatkan berbagai pihak agar program pelestarian dapat berjalan optimal.

“Pengelolaan hendaknya tidak hanya memikirkan aspek ekonomi semata, tetapi juga peduli pada aspek ekologi,” katanya dalam pidato pengukuhannya yang berjudul "Kontribusi Biologi Dalam Pengelolaan dan Pengembangan Danau di Indonesia".

Pria kelahiran Bumiayu 64 tahun yang lalu ini menjelaskan pelestarian alam dan pemanfaatan danau harus dilakukan secara berimbang. Pemanfaatan dalam berbagai bentuk seperti penangkapan ikan harus dipantau untuk dapat menjalankan kuota yang berimbang.

Dia mengambil contoh pengelolaan Telaga Renjeng di lereng barat Gunung Slamet, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Danau alami pada ketinggian 1.200 meter itu merupakan tempat wisata yang menjadi unggulan wisata Brebes. Sampai saat ini bisa tetap lestari karena masyarakatnya peduli.
 


(UWA)