Ingin Lepas dari FIFA, UEFA Siap Gelar Turnamen Tandingan?

Patrick Pinaria    •    Senin, 01 Jun 2015 23:16 WIB
liga dunia
Ingin Lepas dari FIFA, UEFA Siap Gelar Turnamen Tandingan?
Presiden UEFA Michel Platini (Foto: AP/Ronald Zak)

Metrotvnews.com, Nyon: Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) tampaknya amat kecewa dengan FIFA sejak terpilihnya kembali Sepp Blatter sebagai presiden. Mereka dikabarkan siap mundur dari keanggotaan FIFA. Bahkan, induk organisasi sepak bola Eropa itu juga sudah merencanakan untuk menggelar turnamen sendiri demi bersaing dengan FIFA. Apa itu?

Rencananya, UEFA akan menggelar turnamen sendiri yang disebut ‘European Championship’. Turnamen tersebut nantinya akan digelar dua tahun sekali yang formatnya serupa dengan Piala Amerika. Tak hanya itu, mereka akan memberikan undangan kepada negara-negara elite dunia di luar konfederasi Eropa.

Adalah Allan Hansen, anggota Exco UEFA yang mencetuskan adanya European Championship. Hansen sendiri dikenal sebagai tokoh utama yang mendesak pemboikotan FIFA oleh UEFA. Gagasan ini dilontarkan Hansen di depan 54 anggota UEFA.

Jika ide European Championship ini benar-benar terwujud, UEFA tidak hanya memasukkan anggota mereka. Konfederasi Eropa tersebut siap memberikan slot undangan kepada negara-negara Amerika Selatan, di antaranya Argentina, Brazil, Uruguay, hingga Kolombia.

Hansen yakin keberadaan European Championship ini bakal menggoyahkan Piala Dunia FIFA. Bahkan, ia juga meyakini sponsor besar akan tergiur memberikan dana untuk turnamen tersebut dan media pun tidak akan melewatkan turnamen tersebut yang diisi oleh negara-negara elite dunia.

Namun, rencana tersebut perlu dipertimbangkan secara matang. Pasalnya, sebagian kecil anggota UEFA belum tentu sepenuhnya akan mendukung gagasan itu. 

Terbukti, sebagian kecil anggota UEFA masih mendukung Blatter. Hal itu terlihat ketika dalam pemilihan kongres FIFA 29 Mei lalu. (Sportsmole/Ocky Anggara)


(PAT)