UU Wajibkan Penyelenggara Laporkan Kekayaan, Termasuk Buwas

Yogi Bayu Aji    •    Senin, 01 Jun 2015 23:38 WIB
kpk
UU Wajibkan Penyelenggara Laporkan Kekayaan, Termasuk Buwas
Plt Komisioner KPK Johan Budi--MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabareskrim Komjen Budi Waseso (Buwas) tak kunjung mengisi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) sejak dilantik 19 Januari silam. Padahal, hal itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara Yang Bersih dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

"Saya sementara ini tidak komentari soal itu. Tapi sepanjang yang saya tahu, setiap penyelenggara wajib laporkan kekayaan," kata Pelaksana Tugas Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (1/6/2015).

Menurut dia, peraturan itu memang belum mencantumkan sanksi bagi penyelenggara negara yang enggan melaporkan kekayaannya. Namun, dia memastikan hal itu harus tetap dilakukan.

"Itu dikembalikan ke penyelenggara negara itu sendiri mau melaksanakan atau tidak," kata dia.

Johan menambahkan, lembaga antikorupsi juga tak bisa proaktif sampai menjemput bola dalam pengisian laporan ini. "Kalau di UU, ada yang lapor baru KPK aktif," tekan dia.

Kabareskrim Budi Waseso, sebelumnya, menyarankan agar mekanisme LHKPN diubah. Dia menilai sebaiknya KPK sendiri yang menelusuri harta kekayaan penyelenggaraan negara, bukan menunggu laporan mereka.

"Silahkan saja, kalau bisa memang harusnya demikian (diubah) ya," kata Buwas, Jumat 29 Mei kemarin.

Menurut dia, dengan mekanisme sekarang, ada kemungkinan harta yang dilaporkan tidak sesuai dengan faktanya atau tidak obyektif. Aparat penegak hukum, lanjut dia, yang harus jemput bola.

"Akan malah lebih obyektif dong kalau begitu. Kan dia punya tim sendiri, cek sendiri dan sebagainya," pungkas dia.


(AZF)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA