Kemenlu Hati-Hati Selamatkan 11 ABK Telantar di Inggris

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 01 Jun 2015 23:45 WIB
wni
Kemenlu Hati-Hati Selamatkan 11 ABK Telantar di Inggris
Ilustrasi ABK. Antara/Kornelis Kaha

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI akan berhati-hati menyelamatkan 11 anak buah kapal (ABK) yang telantar dan ditahan di Inggris.

Sebab, pemilik kapal tempat mereka bekerja, yakni kapal berbendera Italia, Sunflower E Genova, memiliki utang di Inggris. Pihak Kemenlu juga akan berkoordinasi dulu dengan Federasi Pekerja Transportasi Internasional (ITF) untuk memulangkan mereka.

"Jika (ABK) meninggalkan kapal dinilai melanggar haknya. Kami tetap memberikan intervensi dengan hati-hati agar ABK tak kehilangan haknya," kata Plt Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Luar Negeri Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, di Yogyakarta, Senin (1/6/2015).

ITF menginginkan agar perusahaan asal Italia itu membayar dulu gaji ABK. Kemenlu, kata Lalu, akan berusaha membantu proses asuransi para ABK.

Sebanyak 11 WNI diketahui tak digaji selama empat bulan oleh kapal berbendera Italia, Sunflower E Genova. yang terjebak di Inggris.

Mereka bertahan hidup hanya dengan belas kasihan dari pihak pelabuhan setempat dan meminta bantuan pemerintah Indonesia.
 


(UWA)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

27 minutes Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA