Megawati Turun Tangan Desain Markas Baru PDI P

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 02 Jun 2015 01:22 WIB
 Megawati Turun Tangan Desain Markas Baru PDI P
Kantor PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro. Foto: LB Ciputri Hutabarat/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri diketahui mempunyai andil besar dalam desain markas baru DPP PDI Perjuangan yang kini terletak di Jalan Diponegoro No. 58, Jakarta Pusat. Salah satunya, yakni keberadaan lima pilar di markas partai berlambang banteng moncong putih ini.

"Desain itu disampaikan dan dikonsultasikan dengan ketua umum. Semua dipertimbangkan bahkan dari perespektif kebudayaan, Bu Mega punya taste tersendiri soal desain. Jadi desainnya sempat revisi beberapa kali termasuk lima pilar usulan bu Mega," kata Sekretaris Jendral PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (1/6/2015).

Dilokasi yang sama, Megawati mengaku tak ikut andil dalam proses penggambaran. Orang nomor 1 di PDI Perjuangan ini menyerahkan semuanya kepada arsitektur, namun, tetap memberikan masukan terhadap desain markas DPP PDI Perjuangan ini.

"Ada orang dari arsitektur yang menghitung desainnya terus diproyeksikan seberapa besar. Jujur saya juga enggak bakalan bisa kok menggambarkannya. Saya enggak jago gambar soalnya. Tapi saya kira kalau soal yang lain-lainnya boleh lah bersaing sama saya," kata Mega sembari tertawa.

Mega bercerita, dirinya tak ikut mendesain secara detail sebab Mega kecil tak bisa menggambar. "Satu-satunya anak Bung Karno yang enggak bisa gambar ya cuma saya. Waktu sekolah saya dapat angka 6. Menurut saya sudah bagus sekali. Tapi soal bangunan ini alhamdulliah pas jadi dan tadi keliling dalam hati, kok bisa ya bikin begini. Ternyata bagus," cerita mantan Presiden RI ke lima itu.

Berbeda dari sebelumnya, kantor PDI Perjuangan yang baru ini memiliki delapan lantai, dengan luas sekitar 6.500 meter persegi. Dari segi fisik bangunan, terdapat lima pilar merah yang terlihat dari depan bangunan.

Pilar ini melambangkan lima butir pancasila yang masih dopegang erat PDI Perjuangan. Dan di belakang gedung, terdapat pula dua bunga kamboja yang bermakna peradaban yang seimbang.
(AZF)