Dolar Berjaya, Saham Asia Bergelombang

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 02 Jun 2015 09:49 WIB
bursa saham asia
Dolar Berjaya, Saham Asia Bergelombang
Ilustrasi -- REUTERS/Yuya Shino

Metrotvnews.com, Tokyo: Mata uang dolar Amerika Serikat (AS) menguji level puncaknya selama 12,5 tahun terhadap yen usai serentetan data AS dilaporkan optimistis.

Selain itu, juga diperkuat dengan harapan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga tahun ini, sehingga hal ini membuat saham di Asia sedikit berubah.

Reuters melansir, Selasa, 2 Juni, indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang melemah di awal perdagangan. Sementara indeks saham Nikkei Jepang N225 naik tipis sekitar 0,1 persen.

Sementara itu, bursa saham Australia naik sekitar 0,3 persen, menjelang keputusan kebijakan Reserve Bank of Australia. Bank sentral ini diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada rekor rendah sebesar 2,0 persen.

"Ada banyak perbaikan seperti penurunan data Australia dan Tiongkok sejak pertemuan kebijakan moneter terakhir di Mei. RBA memiliki alasan untuk mempertahankannya," tutur direktur di BK Asset Manajemen New York, Kathy Lien.

Sedangkan di bursa Wall Street, saham-saham AS memulai awal bulan ini dengan kenaikan moderat. Kenaikan tersebut terjadi setelah sekumpulan data mengenai AS dilaporkan membaik.

Mulai dari belanja konsumen yang tetap datar pada April, sehingga pengeluaran konstruksi dan manufaktur mendapatkan momentum, dan mendukung pandangan bahwa bank sentral AS berada di trek untuk mulai menaikkan suku bunga tahun ini.


(AHL)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

2 hours Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA