Pemimpin Jerman & Prancis Setuju Kebut Kesepakatan untuk Yunani

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 02 Jun 2015 10:57 WIB
ekonomi yunani
Pemimpin Jerman & Prancis Setuju Kebut Kesepakatan untuk Yunani
Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Francois Hollande. FOTO: REUTERS/HANNIBAL HANSCHKE

Metrotvnews.com, Berlin: Pemimpin di Jerman, Prancis, dan lembaga kreditur internasional Yunani setuju bekerja secara intens dalam beberapa hari mendatang demi meraih kesepakatan dalam negosiasi utang dengan Athena.

Reuters melansir, Selasa, 2 Juni, Athena dan kreditur negara-negara zona euro serta Dana Moneter Internasional (IMF) berlomba menuntaskan kesepakatan yang akan mencegah negara tersebut dari default utang dan berpotensi meninggalkan zona euro.

Kanselir Jerman Angela Merkel bersama Presiden Prancis Francois Hollande, Presiden Komisi Bank Sentral Eropa Mario Draghi, Kepala Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde melakukan pembicaraan kesepakatan hingga larut malam di Berlin. Para pemimpin tersebut membahas keadaan negosiasi dengan Athena.

"Mereka sepakat bahwa pekerjaan (kesepakatan negosiasi utang) harus terus dilakukan dengan intensitas yang nyata," kata juru bicara Pemerintah Jerman, setelah pembicaraan di Berlin.

Zona euro telah menetapkan batas waktu untuk menyimpulkan pembicaraan yang bergerak lambat pada Jumat ini. Serta memberikan waktu bagi lembaga dan para menteri untuk menyetujui kesepakatan dan meraih dukungan parlemen dalam mengucurkan bantuan sebelum bailout Yunani berakhir pada akhir Juni.

Athena memasuki pembayaran utang kepada IMF sebesar 300 juta Euro atau setara USD327.930.000 di tengah meningkatnya keraguan tentang kemampuannya untuk memenuhi semua kewajiban keuangan bulan ini.

Pertemuan tak terduga pada Senin kemarin terjadi setelah Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras memberikan selebaran kepada kreditur internasional mengikuti pembicaraan pribadinya dengan para pemimpin Uni Eropa. Sementara pejabat yang dekat dengan pembicaraan antara Yunani dan Komisi, ECB, dan IMF sebelumnya menepis rumor pasar bahwa pengumuman akan mendekati kesepakatan.


(AHL)

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

7 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memberikan jawaban atas gugatan praperadilan Setya Nov…

BERITA LAINNYA