Parlemen Harus Jadi Teladan Ini Baru Indonesia

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 02 Jun 2015 10:59 WIB
mpr adshari pancasila
Parlemen Harus Jadi Teladan Ini Baru Indonesia
Ketua MPR Zulkifli Hasan di Museum Bung Karno, Blitar. (foto: Pelangi/dok)

Metrotvnews.com, Jakarta: Inti dari gerakan Ini Baru Indonesia mengajak masyarakat membumikan Pancasila dengan perbuatan nyata. Para pemimpin harus mempeloporinya dengan menjadi teladan dalam keseharian mereka, termasuk saat merumuskan keputusan penting bagi negara.

"Kembali kepada sila ke empat Pancasila, kerakyatan yang dimpimpin oleh hikmah kebijaksaan dalam permusyawaratan," ujar Ketua MPR Zulkifli Hasan, Selasa (2/6/2015).

Semangat moral dari sila ke empat Pancasila itu adalah menghargai perbedaan tapi tetap membuka diri terhadap pandangan-pandangan baru yang lebih baik. Perbedaan pendapat yang ada disatukan dengan kemauan mencari solusi yang saling menghormati dan menghargai demi kebersamaan. 

Di dalam praktek demokrasi era reformasi, Zul tak memungkiri bahwa justru di parlemen terjadi tindak pelanggaran terhadap semangat Pancasila. Musyawarah untuk mufakat seperti hilang makna. Prosesnya sering berakhir menjadi voting karena masing-masing pihak yang berseberangan pendapat saling berkeras.

Bahkan tak jarang yang terjadi adalah adu jotos dan banting gelas juga kursi. "Pokoknya tarung, berkelahi. Memang ekses, tapi itu bukan Indonesia," sambung politikus PAN ini.

Lantas bagaimana yang Indonesia?

"Baru disebut Indonesia kalau mereka melakukan musyawarah mufakat. Berdebat dengan penuh kesantunan, sesuai etika, intelek, mengeluarkan ilmunya dalam bentuk gagasan-gagasan dan pada akhirnya menciptakan kesepakatan," jawab Zul.

"Voting tidak dilarang, tapi pilihan pilihan terakhir. Utamakan musyarawarah. Kami di MPR nggak mau voting dan aman-aman saja," tambahnya.


(LHE)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

2 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA