Arkeolog Eskavasi Situs Saluran Air Majapahit

Tamam Mubarok    •    Selasa, 02 Jun 2015 12:49 WIB
purbakala
Arkeolog Eskavasi Situs Saluran Air Majapahit
Ilustrasi eskavasi situs purbakala---MTVN/Ari Bowo

Metrotvnews.com, Mojokerto: Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) melakukan eskavasi (penggalian) situs yang diduga saluran air atau kanal pusat Ibu Kota Majapahit yang ditemukan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa 2 Juni. Arkeolog menemukan serpihan gerabah dan uang kuno saat eskavasi di Dusun Nglinguk, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto itu.

Menurut Kepala BPCB Trowulan Aris Soviyani, situs tersebut diperkirakan dibangun pada masa kejayaan Majapahit sekitar abad ke-14. Menurut dia, situs tersebut punya struktur bata berupa dinding yang berbelok.

Dinding tersebut mengarah ke tiga titik yakni ke utara sepanjang 3,57 meter, ke selatan 2,7 meter, serta ke barat daya sepanjang 1,4 meter. Adapun ke dalam kanal sekitar 45 sentimeter.

Bentuk dan tersebut, kata Aris, sangat berbeda dengan kolam panjang yang ditemukan di dekat museum Trowulan. Temuan situs baru ini sangat menarik karena berbeda dengan temuan kanal-kanal sebelumnya.

Aris juga mengakui, arkeolog berhasil menemukan uang logam dan pecahan tembikar berbahan keramik yang diperkirakan berasal dari Dinasti Yuan, Tiongkok sekitar abad 12.

Rencananya, arkeolog terus melakukan eskavasi terhadap situs tersebut dalam sepekan ini. Sebab, kanal majapahit diyakini telah memiliki pola pengairan terbaik di masa lampau.
 


(TII)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

3 hours Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA