Malas Menyikat Gigi dapat Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

   •    Selasa, 02 Jun 2015 13:33 WIB
kesehatan
Malas Menyikat Gigi dapat Merusak Sistem Kekebalan Tubuh
Sikat gigi setiap pagi setelah sarapan & malam sebelum tidur (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesehatan gigi merupakan hal yang sangat serius. Jika dalam jangka waktu dua minggu tidak melakukan kegiatan menyikat gigi, maka sistem kekebalan tubuh akan rusak.

Ini merupakan hasil kesimpulan yang diuji Profesor Iain Chapple dari Universitas Birmingham School of Dentistry.

Berdasarkan tes laboratorium yang menggunakan sel darah putih memastikan bahwa sistem kekebalan tubuh menjadi kurang efektif dalam bergerak menyerbu sel-sel penyakit.

Hasilnya, seluruh tubuh menjadi meradang akibat tidak menggosok gigi. Peradangan merupakan istilah medis untuk reaksi tubuh terhadap infeksi, di mana terlihat bagian luar tubuh memerah dan jaringan tubuh membengkak.

Dalam kurun waktu pendek, itu merupakan respons yang sehat. Akan tetapi ketika tubuh kita terus bereaksi terhadap kerusakan kronis atau infeksi, bisa menyebabkan penyakit gusi jangka panjang.

Memiliki gigi yang sehat bukan hanya tentang menyikat gigi. Sangat sedikit orang yang hingga usia 30-an hidup dengan gigi tanpa tambalan. Ini menunjukkan bahwa tidak hanya menyikat, melainkan pola makan yang buruk juga memengaruhi kesehatan mulut dan tubuh.

Rajinlah menyikat gigi setiap harinya, pagi setelah makan dan malam sebelum tidur, serta menjaga pola makan sehat agar kuman dan sel-sel penyakit tidak merusak sistem kekebalan tubuh. (Sumarni/Daily Mail)


(ROS)