Kemenlu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian 3 Tahun Berturut-turut

Willy Haryono    •    Selasa, 02 Jun 2015 13:33 WIB
kemenlu
Kemenlu Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian 3 Tahun Berturut-turut
Anggota I BPK RI, Agung Firman Sampurna menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan dan Opini WTP kepada Menlu Retno Marsudi di Ruang Auditorium, Gedung BPK RI, Senin (1/6/2015). Biro Keuangan/BAM

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Luar Negeri meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan tahun 2014. 

Hal tersebut disampaikan saat Anggota I BPK RI, Agung Firman Sampurna menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan dan Opini WTP kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Ruang Auditorium, Gedung BPK RI, Senin (1/6/2015). Acara dihadiri wakil dari 13 Kementerian/Lembaga.
 
Kemenlu berhasil meraih Opini WTP tiga tahun berturut turut sejak 2012. Hasil WTP ini merupakan wujud komitmen dan tekad pada setiap lini di Kemenlu, baik dari pimpinan hingga staf dalam menggunakan anggaran sebaik mungkin dan secara bertanggung jawab.
 
Dalam pidatonya, Menlu RI menyatakan meskipun hasil ini berkualifikasi baik, Kemenlu akan terus berupaya meningkatkan pengelolaan dan pelaporan keuangan. 

"Komitmen untuk terus memperbaiki pengelolaan keuangan dan good governance akan terus dilakukan," ujar Menlu Retno.
 
Upaya pembenahan diri, baik SDM maupun administrasi Kemenlu, terus berjalan dengan semakin meningkatkan kerja sama dengan intansi lain seperti BPK RI. Kemenlu juga mengedepankan prinsip "zero tolerance" atas tindakan-tindakan penyalahgunaan anggaran sekecil apapun.


(WIL)