Malam Ini Borobudur Tertutup untuk Umum

Patricia Vicka    •    Selasa, 02 Jun 2015 18:02 WIB
waisak 2559
Malam Ini Borobudur Tertutup untuk Umum
Sejumlah pengunjung menyaksikan patung Budha di halaman candi Borobudur Magelang, Jateng, Sabtu (30/5). Antara/Anis Efizudin

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sebagian umat Budha Indonesia akan merayakan hari raya Waisak di Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah, malam ini.

Untuk mempersiapkan perayaan, Candi Borobudur ditutup untuk umum mulai pukul 15.00 WIB.

"Kunjungan wisatawan hari ini hanya dibuka pukul 08.00 WIB hingga 15.00," kata Kepala Seksi Layanan Konservasi Balai Konservasi Borobudur, Iskandar Siregar, Selasa (2/6/2015).

Menurutnya, hanya hanya umat dan pengunjung yang ingin merayakan Waisak saja yang bisa masuk ke pelataran candi Borobudur.

Pengunjung yang ke sana pun harus menggunakan identitas khusus untuk bisa masuk ke dalam pelataran. "Kami dan panitia sudah sepakat hanya umat dna pengunjung yang memiliki identitas khusus yang bisa mengikuti perayaan. Ini untuk menjaga keheningan dan kekhusukan perayaan," ujarnya.

Pantauan Metrotvnews.com, suasana di sekitar pintu masuk Candi Borobudur padat merayap. Para wisatawan beranjak meninggalkan candi Borobudur. Sementara para umat Budha dan para undangan perayaan Waisak mulai memasuki pelataran Candi.

Perayaan Waisak 2559 BE/ 2015 akan dimulai pukul 19.00 hingga tengah malam. Acara ini akan diikuti seluruh umat Budha di dunia. Rencananya Presiden RI, Joko Widodo turut mengikuti seremonial acara pada pukul 19.00 hingga 20.00 WIB. 

Seusai seremonial akan ada pelempasan lampion di detik-detik Waisak sekitar pukul 23.20 WIB.
 


(UWA)