PM Yunani Kirim Proposal Reformasi Utang ke Kreditur

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 02 Jun 2015 18:07 WIB
ekonomi yunani
PM Yunani Kirim Proposal Reformasi Utang ke Kreditur
Ilustrasi Yunani -- Reuters/Alkis Konstantinidis

Metrotvnews.com, Athena: Perdana Menteri (PM) Yunani Alexis Tsipras telah mengirimkan proposal reformasi utang yang komprehensif ke kreditur pada Senin malam.

Tsipras meminta para pemimpin Eropa untuk menerima rencana tersebut sehingga perjanjian kesepakatan reformasi utang yang telah lama ditunggu-tunggu dapat disahkan.

"Kami telah mengajukan rencana yang realistis untuk Yunani keluar dari krisis. Sebuah rencana yang realistis, yang diterima oleh lembaga, pemberi pinjaman, dan mitra kami di Eropa akan menandai akhir dari skenario ini di Eropa," ujar Tsipras, seusai pertemuan, seperti dilansir Reuters, Selasa (2/6/2015).

"Kami tidak menunggu mereka untuk mengajukan proposal, Yunani yang akan mengirimkan rencana, sekarang jelas bahwa keputusan tentang apakah mereka ingin menyesuaikan diri dengan realisme, keputusan terletak pada kepemimpinan politik dari Eropa," jelas dia.

Komentar Tsipras muncul setelah Kanselir Jerman Angela Merkel bersama Presiden Prancis Francois Hollande, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, Kepala Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde membicarakan kesepakatan utang Yunani pada larut malam di Berlin.


(AHL)