Ganjar Minta Umat Budha Kembangkan Ajaran Budha Dalam Hidup Berbangsa

Patricia Vicka    •    Selasa, 02 Jun 2015 20:45 WIB
waisak 2559
Ganjar Minta Umat Budha Kembangkan Ajaran Budha Dalam Hidup Berbangsa
Sejumlah Bhiksu mengikuti perarakan dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur saat perarakan Waisak 2559 BE/2015 di Mungkid, Magelang, Jateng, Selasa (2/6). Foto: Antara/Andreas Fitri.

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau seluruh umat Budha di Indonesia untuk mengembangkan ajaran Budha dalam kehidupan sehari-hari. Himbauan ini ia sampaikan dalam perayaan Waisak 2559 BE/2015 yang berlangsung di lapangan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

"Tiap umat Budha memiliki benih-benih Budha dalam diri sendiri. Kembangkangkan benih kebudaan tersebut. Agar menjadi warna bagi kehidupan rakyat Jawa Tengah yang merupakan benteng pancasila," kata Ganjar dalam kata sambutan di Candi Borobudur, Selasa (2/6/2015).

Ganjar menyebut ajaran Budha bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk jalan mulia yang memiliki delapan unsur.

"Semoga umat Budha diberikan kesehatan, untuk menjalankan jalan mulia yakni pandangan yang benar ,pikiran yang benar, ucapan yang benar ,perbuatan yang benar, mata pencaharian yang benar, daya upaya yang benar ,perhatian yang benar,dan konsentrasi yg benar," jelas Ganjar.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan panitia, biksu Tadisa Maharita meminta warga Budha kembali menyucikan diri dengan mengikuti teladan hidup sang Budha.

"Tiap mahluk berpotensi dan kelak jadi Budha. Subtema acara ini yang berbunyi 'Sucikan pikiran manusia agar dunia dan alam harmonis' diambil agar umat Budha kembali pada hakekat hidup sang Budha," kata Tadisa.

Dia mengajak seluruh umat Budha menjalankan kebajikan dan menolong semua mahluk tanpa pamrih dan pandang bulu dengan sukarela.

Acara perayaan Tri Suci Waisak 2559 BE/2015 dilaksanakan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa tengah pada Selasa (2/6/2015). Acara ini turut dibuka oleh Presiden RI Jokowi yang didampingi oleh ibu negara Irianna Widodo. Dalam acara ini ditampilkan pula lagu Indonesia Pusaka yang diiringi musik kecapi.



(DRI)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

2 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA