Sepak Bola SEA Games 2015

Sering Buat Kesalahan, Indonesia Dihantam Myanmar

Hilman Haris    •    Selasa, 02 Jun 2015 21:27 WIB
sea games 2015
Sering Buat Kesalahan, Indonesia Dihantam Myanmar
Logo SEA Games 2015

Metrotvnews.com, Singapura: Hasil memalukan diterima timnas Indonesia U-23 saat berhadapan dengan Myanmar U-23 pada laga pertama penyisihan grup SEA Games 2015, Selasa 2 Juni. Sebagai tim yang diunggulkan bisa meraih kemenangan, Indonesia U-23 justru kalah telak 2-4 dari sang lawan.

Jika melihat jalannya pertandingan, hasil ini sebetulnya tidak terlalu mengherankan. Bagaimana tidak. Sepanjang laga Myanmar tampil lebih spartan dari Indonesia dan berkali-kali sanggup memberikan ancaman.

Sebaliknya, Indonesia hanya sesekali melakuan serangan balik yang diawali oleh Evan Dimas dan Muchlis Hadi. Mirisnya, sejumlah serangan yang dilakukan skuat asuhan Aji Santoso itu tak terlalu membahayakan gawang Myanmar karena sudah lebih dulu di intercept para bek lawan sebelum mencapai kotak penalti.

Petaka buat Indonesia U-23 datang pada menit ke-21. Memanfaatkan bola liar yang gagal diamankan oleh be-bek Indonesia U-23, pemain Myanmar, Shine Thura sukses menceploskan bola ke dalam gawang melalui sepakan pelan dari dalam kotak penalti.

Evan Dimas dkk berusaha keluar dari tekanan ketika tertinggal 0-1. Namun semua usaha mereka sia-sia karena gagal mengimbangi permainan ngotot Myanmar. Justru, Myanmar sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-37. Melalui situasi tendangan bebas, Si AThu Aung menyontek bola dari dekat gawang. Kiper Indonesia Natshir pantas disalahkan atas terciptanya gol tersebut karena gagal mengamankan bola lambung dengan sempurna.

Skor 0-2 seakan-akan bakal menghiasi interval pertama. Namun menjelang akhir babak pertama, tim Merah Putih sukses memperkecil kedudukan memalui gol yang dicetak Abduh Lestaluhu. Gol ini terbilang istimewa karena dibuat Abduh dari sudut sempit di sisi kanan pertahanan Myanmar.

Performa Indonesia tidak membaik pada babak kedua. Bahkan, sejumlah kesalahan elementer beberapa kali diperlihatkan Evan dkk. Salah satunya dibuat oleh bek Hansamu yang berujung gol untuk Myanmar. Gol ketiga Myanmar pada laga ini terjadi pada menit ke-51 dan diciptakan oleh Si Thu Aung. Sebelum mencetak gol, Aung lebih dulu mencuri bola dari kaki Hansamu yang terlihat kebingungan mengontrol bola di depan kotak penalti Indonesia.

Serangan-serangan Myanmar makin berbahaya meski laga sudah berjalan selama 60 menit. Bahkan, Myanmar berhasil memperbesar kedudukan menjadi 4-1 pada menit ke-66. Kali ini, Kyaw Zin Lwin yang tidak terkawal di kotak penalti berhasil menggetarkan gawang tim Merah Putih melalui sepakan dari dekat gawang.

Suporter Indonesia yang hadir di Stadion Jalan Besar, Singapura sempat bersorak ketika Noviandi berhasil mencetak gol sekaligus memperkecil kedudukan menjadi 2-4 pada menit ke-69. Gol ini ia ciptakan dengan sepakan kaki kanan keras setelah lebih dulu melakukan akselerasi di kotak penalti Myanmar.

Skuat Merah Putih semakin bernafsu menyamakan kedudukan sejak gol itu tercipta. Serangan bertubi-tubi Evan dkk akhirnya membuat para Myanmar mulai kewalahan. Sejak menit ke-70, satu per satu pemain Myanmar nampak mulai keletihan dan terkapar di atas lapangan.

Meski tidak dalam kondisi fisik yang sama seperti pada babak pertama, para pemain Myanmar masih rapi menggalang pertahanan dan menyusun serangan. Sebuah kondisi yang tentunya membuat para penggawa Indonesia frustrasi. Buktinya, beberapa kali Hansamu dkk melakukan terjangan keras guna menghentikan laju pemain lawan.

Tim Merah Putih memiliki waktu enam menit tambahan pada masa injury time. Namun, jumlah waktu itu gagal dimanfaatkan Indonesia U-23 dengan baik. Kekalahan dengan skor 2-4 pun harus diterima Garuda Muda pada laga pertama penyisihan grup SEA Games 2015. Sebuah hasil yang perlu diratapi mengingat di grup ini Indonesia juga harus bertemu tim kuat, Singapura U-23, pada Kamis 11 Juni. 


(HIL)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

9 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA