Ditengah Impitan Ekonomi, Mahasiswi Solo Ini Raih IPK 3,99

Pythag Kurniati    •    Selasa, 02 Jun 2015 23:26 WIB
prestasi mahasiswa
Ditengah Impitan Ekonomi, Mahasiswi Solo Ini Raih IPK 3,99
Devi Triasari, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Metrotvnews.com/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Pepatah mengatakan pelaut tangguh muncul dari lautan berombak, bukan dari lautan yang tenang. Begitulah kiranya ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kisah hidup Devi Triasari, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

Gadis kelahiran Ngawi, 19 Desember 1991, itu memutuskan menempuh kuliah meski harus menggunakan biaya sendiri. "Selama kuliah saya bekerja sampingan seperti jualan dan memberikan les privat," kata Devi saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (2/6/2015).

Devi tak pernah menyalahkan keadaan orang tuanya. Ayahnya, Suwito, 61 adalah seorang buruh tani. Seiring usia terus bertamba, Suwito harus berhenti bekerja. Sementara ibunda Devi, Karinem, 61, adalah seorang pembantu rumah tangga. 

Bagi Devi merekalah yang menjadi bahan bakar terdahsyat dari perjalanan kereta masa depannya. “Orang tua selalu membuat saya termotivasi. Saya tidak pernah meminta biaya kepada orang tua. Saya bahkan selalu mengirimi mereka uang seadanya," katanya.

Kadang Devi memberikan Rp200 ribu. Kalau benar-benar tak punya dia hanya memberikan Rp50 ribu. Devi juga harus jungkir balik membayar uang indekos.

Segala kesulitan itu tak membuatnya patah semangat untuk belajar. Alhasil, Devi berhasil menempuh pendidikan S1 hanya dalam kurun 3,5 tahun dengan indeks prestasi kumulatif mendekati sempurna, yakni 3,99.

Hasil dari kerja kerasnya itu, banyak tawaran membanjirinya. Baik tawaran untuk melanjutkan studi hingga tawaran bekerja sambil kuliah.

"Saya selalu percaya orang yang bertaqwa akan mendapatkan kemudahan dan bantuan Tuhan dari jalan yang tidak disangka-sangka,” kata perempuan yang bercita-cita menjadi dosen, penulis, dan peneliti itu. 

Devi akan diwisuda pada tanggal 13 Juni 2015 mendatang di Auditorium Universitas Sebelas Maret Surakarta.



(UWA)

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

7 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memberikan jawaban atas gugatan praperadilan Setya Nov…

BERITA LAINNYA