Perayaan Waisak Bawa Ketentraman, Kebahagiaan, dan Kedamaian Bagi Umat Manusia

Patricia Vicka, Ilham wibowo    •    Rabu, 03 Jun 2015 05:48 WIB
waisak 2559
Perayaan Waisak Bawa Ketentraman, Kebahagiaan, dan Kedamaian Bagi Umat Manusia
Presiden Joko Widodo berpidato saat menghadiri perayaan Tri Suci Waisak 2559 BE/2015 di Candi Brobudur, Magelang, Jateng, Selasa (2/6) malam. Foto: Antara/Andreas Fitri.

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Perayaan Hari Raya Waisak 2559 dapat membawa ketentraman, kebahagiaan, dan kedamaian tidak saja bagi umat Budha tapi bagi seluruh umat manusia. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, perayaan hari suci Waisak tahun ini menjadi momentum bagi umat Budha untuk mengamalkan ajaran sang Budha. 

Sidharta Budha Gautama telah mengajarkan Darma yang berisi nilai universal falsafah kehidupan yang mendalam, serta pencerahan tentang hakekat, dan makna kehidupan umat Budha sejati.

"Budha Gautama juga telah menunjukkan keteladanan dalam mewujudkan kebajikan, diawali dengan sikap dan tekad kuat Pangeran Sidharta meninggalkan jalan pribadi untuk mencari jalan kebebasan dari penderitaan sehingga tercapai kebudhaan," kata Jokowi tutur Jokowi dalam pidatonya di Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah, Selasa (2/6/2015).

Umat Budha bisa memahami makna hidup sesungguhnya dengan memegang teguh darma itu. Jokowi mengatakan, kehidupan Budha meneladankan kepada kita bahwa semua perilaku baik demi kepentingan banyak orang yang dilakukan dengan ketulusan hati dan kesungguhan akan memberikan manfaat untuk kemanusiaan dan masa yang amat panjang.

Hari Waisak adalah hari dimana umat Budha merayakan tiga hari penting yakni hari ulang tahun Budha, hari mendapat penerangan menjadi budha dan hari kematian budha. Waisak terjadi di bulan ke lima menurut perhitungan kalender lunar.

Perayaan Waisak tahun 2015 dirayakan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Acara ini turut dihadiri oleh Presiden RI Jokowi yang didampingi oleh Ibu Negara Irianna Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.



(DRI)