Sudirman Said: Laut Tempat Membangun Kemakmuran

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 03 Jun 2015 09:46 WIB
kelautan dan perikanan
Sudirman Said: Laut Tempat Membangun Kemakmuran
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri ESDM Sudirman Said menyampaikan momentum Hari Nusantara menjadi pijakan untuk mengelola potensi laut yang masih belum termanfaatkan secara maksimal.

"Laut merupakan tempat untuk mencari penghidupan dan membangun kemakmuran. Peran laut yang memberikan dukungan yang besar bagi pertumbuhan ekonomi khususnya terkait dengan sumber daya alam yang begitu besar yang sampai sejauh ini belum cukup banyak dieksplore," ujar Sudirman saat perayaan Hari Nusantara ke-15 di Cirebon, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (3/5/2015).

Menurut Sudirman, salah satu sumber energi yang dapat dikembangkan di laut sumber energi arus laut, pasang surut, gelombang dan perbedaan temperatur yang dapat kita bangun bersama untuk mendukung pengoptimalan energi baru terbarukan.

"Kita tidak ingin mengikuti tradisi yang katanya laut ditaruh ke belakang, laut mesti ditaruh di depan. Stop membelakangai laut kemudian jadikan laut sebagai jangkauan masa depan dan pergeseran semata-mata dari darat, sekarang laut juga prioritas," kata dia.

Peringatan Hari Nusantara dan Peluncuran Hari Nusantara, diharapkan dapat memberikan semangat baru agar bangsa Indonesia benar-benar dapat bersatu mewujudkan tujuan nasional menjadi bangsa yang besar dalam mengelola lautan dan memanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat.

"Kami segenap jajaran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan dengan sekuat tenaga melakukan usaha-usaha melalui kegiatan penelitian, eksplorasi, implementasi teknologi dan membangun infrastruktur energi agar Indonesia menjadi negara yang maju dan berdaulat dalam mengelola kelautannya," pungkas Sudirman.


(AHL)