Ribuan Pencari Kerja Membanjiri Job Fair di Mojokerto

Nurul Hidayat    •    Rabu, 03 Jun 2015 12:49 WIB
job fair
Ribuan Pencari Kerja Membanjiri <i>Job Fair</i> di Mojokerto
Foto: Ribuan pencari kerja membanjir Job Fair 2015 di Kota Mojokerto, Jawa Timur/MTVN_Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Mojokerto: Ribuan pelamar membanjiri bursa kerja (Job Fair) 2015 di Gedung Olahraga Majapahit, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Job Fair 2015 yang digelar Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Mojokerto, ini menyediakan lebih dari 2.000 lowongan kerja.

Ada 30 perusahaan ternama di Jawa Timur yang mengikuti Job Fair ini. Para pencari kerja hanya perlu menyerahkan daftar riwayat hidup (curriculum vitae) dan surat lamaran dalam bentuk hard copy ke stand perusahaan yang dituju. Khusus warga Kota Mojokerto diwajibkan membawa kartu pencari kerja alias kartu kuning.

"Alasan diwajibkan membawa kartu kuning untuk warga Kota Mojokerto agar kita tahu secara pasti jumlah pencari kerja dan berapa yang diserap nantinya. Bagi yang tidak membawa, mereka bisa mengurus di stand yang sudah kami sediakan," kata Kepala Disnaker Kota Mojokerto Amin Wachid di lokasi Job Fair 2015 Kota Mojokerto, Rabu (3/6/2015).

Amin mengatakan jumlah pengangguran di Kota Mojokerto mencapai 2.859 orang. "Semoga acara ini mampu mengurangi jumlah pengangguran di Kota Mojokerto."

Salah seorang pencari kerja, Mutia mengaku sangat terbantu dengan bursa kerja ini. Ia berharap perusahaan yang ia tuju dapat menerima lamaran yang ia masukkan.

"Sudah 2 tahun sejak saya lulus namun sampai saat ini belum bekerja. Sudah melamar di berbagai perusahaan namun sampai saat ini belum diterima," kata Mutia, alumni salah satu kampus swasta di Mojokerto.

Selain Job Fair, Disnaker Kota Mojokerto juga menggelar pameran batu akik nusantara di lokasi ini.


(TTD)