Novel Baswedan Tak Hadir di Sidang Pembuktian

Deny Irwanto    •    Rabu, 03 Jun 2015 13:10 WIB
praperadilan
Novel Baswedan Tak Hadir di Sidang Pembuktian
Suasana sidang praperadilan Novel Baswedan----MTVN/Deny

Metrotvnews.com, Jakarta: Novel Baswedan, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tak hadir dalam sidang gugatan praperadilan yang diajukan terhadap Bareskrim Polri. Adik sepupu Menteri Pendidikan dan kebudayaan Anies Baswedan itu harus absen karena tugas.

"Novel tidak datang ada tugas di KPK," ujar salah satu kuasa hukum Novel Baswedan, Bahrain di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (3/6/2015) pagi.

Bahrain menjelaskan, Novel sedianya akan selalu hadir setiap persidangan. Tapi, dia bilang, ada kewajiban lain yang perlu dilakukan. Sehingga, yang hadir hanya tim hukum Novel.

Hal serupa juga dilakukan Bareskrim Polri. Pantauan di pengadilan, Bareskrim diwakili lima kuasa hukum.

Sidang kali ini beragendakan pembuktian dari kedua pihak. Sidang dipimpin Hakim tunggal Zuhairi dan baru dimulai sekitar pukul 10.40 WIB. Padahal, sidang sedianya digelar pukul 09.00 WIB.

Praperadilan diajukan Novel terkait proses penangkapan dan penahanan dirinya yang dilakukan Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri. Permohonan praperadilan beregister perkara 37/pid.prap/2015 PN Jaksel ini meminta majelis hakim agar menyatakan penangkapan dan penahanan atas Novel Baswedan tidak sah.

Sebelumnya, Novel digelandang penyidik Bareskrim Polri pada Jumat 1 Mei dini hari dari kediamannya. Novel dijadikan tersangka atas kasus dugaan penembakan pelaku pencurian sarang burung walet saat menjadi Kasat Reskrim Polresta Bengkulu, pada 2004. Kasusnya sempat ditunda pada 2012 atas permintaan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Namun, kasus ini diusut kembali oleh Polda Bengkulu. Pengusutan kasus tersebut dilakukan oleh Bareskrim dengan alasan berdekatan dengan tempat tinggal.


(TII)