Ahok Pamerkan Smart City DKI ke Bintang Toedjoe

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 03 Jun 2015 13:59 WIB
smart city
Ahok Pamerkan <i>Smart City</i> DKI ke Bintang Toedjoe
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Wakilnya Djarot Syaiful Hidayat. (Foto:MI/Arya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memamerkan konsep sistem smart city DKI dihadapan ratusan outlet PT Bintang Toedjoe. Ahok membanggakan ratusan CCTV yang sudah terpasang untuk memantau Ibu Kota menggunakan telepon genggam.
 
"Dari handphone, saya sudah bisa lihat sampai plat nomor," kata Ahok saat membanggakan sistem smart city di hadapan ratusan outlet PT Bintang Toedjoe di Balai Agung, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (3/6/2015).
 
Tahun ini Pemerintah Provinsi DKI sudah memasang 200 CCTV yang tersebar di berbagai sudut Ibu Kota. Diantaranya, di Jalan Gatot Subroto dekat Sultan Hotel, Perempatan Jalan Sultan Sjahrir, dan Jalan Thamrin dekat Wisma Kosgoro.

"Kami busa tahu plat nomor kendaraan yang parkir liar. Kalau menggunakan e-KTP, kita tahu sampai foto pemiliknya," ujarnya.

Dalam pemaparannya, ditunjukkan berbagai keluhan masyarakat yang terintegrasi dengan sistem Jakarta Smart City dengan aplikasi Qlue. Tak hanya keluhan masyarakat, dari sistem itu juga, diketahui respons lurah dan camat dalam menindaklanjuti laporan warga. Pada kesempatan itu, Ahok menunjukkan CCTV serta lokasi wisata atau patung yang telah terintegrasi dengan Jakarta Smart City. 
 
"Bapak Ibu tinggal lihat ini patung apa, sejarahnya bagaimana, banyak orang yang tidak tahu bagaimana sejarah patung-patung di Jakarta," katanya.K
 
Ahok berambisi memasang 6.000 CCTV di Jakarta. Sebab, sebagai kota yang memiliki populasi 10 juta penduduk ditambah arus urbanisasi 4 juta orang, ketegasan pemerintah memantau kondisi kota sangat diperlukan. Ahok juga meminta bantuan segenap warga.
 
"Apapun yang kami lakukan, kalau tidak ada partisipasi masyarakat, tidak aka ada gunanya," ungkap Ahok.
 


(FZN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA