Tips Motor

Semir Ban, Ternyata Bisa Bikin Kilap Bodi Motor

Ekawan Raharja    •    Rabu, 03 Jun 2015 15:18 WIB
tips motor
Semir Ban, Ternyata Bisa Bikin Kilap Bodi Motor
Semir ban ternyata bisa juga digunakan untuk bahan mengkilapkan bodi motor. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Motor kusam adalah hal yang banyak dihindari oleh para bikers. Lantaran kalau diajak nongkrong alias kongkow, masih bisa lebih percaya diri memperlihatkannya kepada rekan bikers yang lain. Namun seiring pemakaian dan usia, bakal muncul banyak baret dan warna lebih kusam.

Rahmat, salah seorang bikers di Jakarta, membeberkan kondisi motor yang kusam bisa dibikin jadi mengkilap lagi dengan biaya yang lebih murah. Yaitu dengan menggunakan komponen semir ban. Bagian bodi motor bisa dioleskan dengan semir ban sehingga kembali mengkilap.

“Kalau habis dicuci, bodi motor bisa dioles pakai semir ban. Nanti tampilannya akan lebih mengkilap dan kembali cerah," ujarnya saat ditemui di rumahnya di bilangan Pondok Gede Bekasi.

Caranya pun cukup mudah, bagian yang ingin terlihat mengkilap, tinggal diioleskan dengan semir ban, setelah dicuci terlebih dahulu. Namun, jangan langsung menuangkan cairan semir ban ke bodi motor. Tuangan sedikit terlebih dahulu ke spons atau lap kanebo, kemudian baru usapkan lap tersebut ke bodi motor yang kusam.

Cairan semir ban tidak hanya berkhasiat untuk bagian dek motor saja. Beberapa bagian yang bertekstur kulit jeruk seperti sepakbor belakang, konsol tengah, atau cover knalpot bisa dibuat kian mengkilap dengan cairan tersebut.

"Tetapi jangan terlalu banyak ketika menuangkan cairan semir ban ke lap yang akan digunakan. Jika terlalu banyak menuangkannya, bodi motor akan tampak belang ketika sudah kering nantinya.'"

Selamat mencoba dan semoga tampilan motor Anda tak kusam lagi.


(UDA)