Inggris: Assad Perekrut Anggota ISIS

Fajar Nugraha    •    Rabu, 03 Jun 2015 15:59 WIB
isis
Inggris: Assad Perekrut Anggota ISIS
Kelompok ISIS mengancam Irak (Foto: Al Bawaba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Inggris memastikan kelanjutan bantuan untuk memerangi Islamic State (ISIS) di Irak. Menteri Luar Negeri Inggris juga menyebut Presiden Suriah Bashar Al Assad sebagai perekrut anggota ISIS.
 
Berbicara paska Konferensi Koalisi anti-ISIS di Paris, Menteri Luar Negeri Inggris menggarisbawahi kelanjutan kontribusi Inggris dalam usaha memerangi ISIS.

"Koalisi Global bersatu dan berkomitmen melawan ISIS, intervensi koalisi melalui serangan udara telah menghentikan sepak terjal ISIS. Aksi darat secara bertahap telah mengurangi jumlah wilayah teritorial yang mereka kuasai," ujar Menlu Inggris Phillip Hammond, dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (3/6/2015).

"Dengan bangga saya katakan bahwa Inggris telah memainkan peran sebagai pemimpin dan memberikan kontribusi terbesar kedua dalam serangan udara melawan ISIS di Irak," lanjutnya.

Hammond pun mendiskusikan cara terbaik meningkatkan dukungan untuk Perdana Menteri Irak dan memerangi ISIS. Ini termasuk memberikan kontribusi signifikan untuk usaha intelijen, pengawasan dan pengintaian.

"Kami juga harus menjaga kestabilan wilayah-wilayah yang telah terbebas dari kendali ISIS untuk memastikan mereka tetap bertahan. Inggris akan berkontribusi dalam pendanaan Program Pembangunan PBB yang baru untuk mendukung stabilisasi di Irak," imbuhnya.

"Selama Assad terus berkuasa, pertarungan tidak akan berhenti. ISIS akan terus menahan teritorial Suriah dan rezim yang secara brutal melawan rakyatnya sendiri dan menjadi salah satu sersan perekrutan ISIS terbesar. Assad merupakan bagian dari masalah, dia tidak bisa menjadi bagian dari solusi," tutup Hammond.


(FJR)