Ini Komentar Menpora Soal Putusan Mundur Sepp Blatter

Alfa Mandalika    •    Rabu, 03 Jun 2015 15:17 WIB
fifa
Ini Komentar Menpora Soal Putusan Mundur Sepp Blatter
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi (Foto: MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Aksi penangkapan sejumlah pejabat FIFA oleh FBI dan Kepolisian Swiss akibat skandal korupsi dan suap cukup menyita perhatian. Terlebih, penangkapan itu dilakukan dua hari sebelum Kongres FIFA digelar.

Selain adanya penangkapan sejumlah pejabat FIFA, kejadian mengejutkan juga datang dari Sepp Blatter. Presiden terpilih FIFA itu memilih mundur dari kursi nomor satu otoritas tertinggi sepak bola dunia. Keputusan pria asal Swiss itu ditengarai lantaran kasus skandal korupsi yang sedang menerpa FIFA.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi turut menangapi situasi tersebut. Dalam jumpa media di Kantor Kemenpora, Rabu 3 Juni,  Imam merasa kasus FIFA merupakan momentum tepat untuk mengubah tatanan sepak bola nasional.

"Kita dikejutkan dengan putusan mundur Presiden FIFA Sepp Blatter. Kondisi itu dimulai dengan penangkapan sejumlah pejabat teras. FIFA memiliki kelemahan terkait stabilitas dan transparansi,"ujar Imam di Kemenpora, Rabu (3/6/2015).

"Kepercayaan publik hilang dari FIFA. Termasuk dari pemain, klub, dan orang yang mencintai sepak bola. Reformasi dalam tubuh FIFA hanya dimungkinkan terjadi jika ada pihak independen yang mengawasi mereka," sambungnya.

Adanya kasus korupsi itu membuat Menpora kini lebih skeptis. Terutama menyangkut bantuan FIFA kepada PSSI. Menpora ingin bantuan itu juga harus diaudit secara transparan.

"Bantuan FIFA juga harus transparan dan diaudit termasuk oleh PSSI. Kejadian ini jadi momentum yang sangat baik untuk reformasi terhadap FIFA dan PSSI,"tandasnya.



(HIL)