Saksi Akui Waryono Titipkan Pekerjaan di Pusdatin KESDM

Renatha Swasty    •    Rabu, 03 Jun 2015 17:14 WIB
waryono karno
Saksi Akui Waryono Titipkan Pekerjaan di Pusdatin KESDM
Waryono karno -- MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian ESDM Ego Syahrial mengaku dititipi pekerjaan oleh mantan Sekretaris Jenderal ESDM Waryono Karno. Pekerjaan ini bernilai hampir Rp18 miliar.

"Pada saat itu Kabiro Keuangan, Pak Didi (Didi Dwi Sutrisnohadi) mengatakan ada arahan. Bapak Sekjen menitipkan kegiatan sosialisasi hemat energi di Pusdatin, pada saat itu saya tolak," ungkap Ego saat bersaksi untuk terdakwa Waryono Karno di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (3/6/2015).

Namun, penolakan itu tidak digubris. Waryono, lanjut Ego, sudah memutuskan bagian mana saja yang bakal ketitipan pekerjaan. "Pokoknya katanya siap-siap saja. Sekjen akan titip di Biro Umum satu, di Pusdatin satu. Tapi nanti yang melakukan Sri Utami (Koordinator Kegiatan Sekjen ESDM)," lanjut Ego.

Lagi-lagi, Ego menolak. Tetapi, ia diyakinkan Didi Dwi tak bakal terjadi apa-apa. Pekerjaan pun, kata dia, bakal dilakukan Sri Utami (Kepala Bidang Pemindahtanganan, Penghapusan, dan Pemanfaatan Barang Milik Negara sekaligus bendahara uang haram WK).

Akhirnya, dibebankanlah pekerjaan sosialisasi hemat energi di Pusdatin senilai Rp18 miliar. Ego mengungkapkan, pekerjaan itu tak pernah dilakukan dia maupun anak buahnya. Sosialisasi seluruhnya diurus Sri.

"Yang urus Arifin Togar (PNS ESDM) sama Sri. Saya cuma mengawasi saja pekerjaannya," pungkas Ego.

Dalam dakwaan diketahui Waryono memerintahkan pengumpulan dana untuk membiayai kegiatan pada Setjen Kementerian ESDM yang tidak dibiayai APBN. Ia juga melakukan pemecahan paket pekerjaan untuk menghindari pelelangan umum dalam kegiatan sosialisasi sektor ESDM bahan bakar minyak bersubsidi tahun 2012.

Tak hanya itu, ia juga didakwa mengumpulkan uang dari kegiatan sepeda sehat dalam rangka sosialisasi hemat energi, dan perawatan kantor gedung Setjen Kemen ESDM tahun anggaran 2012.


(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA