8 Daerah Bakal Ungkap Keberhasilan Reformasi Birokrasi

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 03 Jun 2015 19:01 WIB
8 Daerah Bakal Ungkap Keberhasilan Reformasi Birokrasi
Ketua Tim RTRC-Kemitraan Rizal Malik (ketiga dari kiri). (Foto: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Delapan daerah yang menjadi pilot program Reform the Reformers Continuation (RTRC-Kemitraan) bakal menunjukan pengalaman keberhasilan menjalankan reformasi birokrasi di berbagai bidang pelayanan publik.

"Dari temuan-temuan delapan daerah selama tujuh bulan terakhir mengemuka pengalaman-pengalaman keberhasilan reformasi birokrasi di berbagai bidang layanan publik di daerah yang berbanding lurus dengan tingkat partisipasi masyarakat sipil," kata Ketua Tim RTRC-Kemitraan Rizal Malik, dalam keterangan tertulis kepada Metrotvnews.com, Rabu (3/6/2015).

Pengalaman akan dikemukakan dalam rangkaian kegiatan Jambore Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan di Hotel Millenium, Jakarta, pada 3-5 Juni 2015. Kegiatan diselenggarakan atas kerjasama Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dengan Australia melalui Australian Government Department of Foreign Affairs and Trade.

Delapan daerah tersebut yakni Kabupaten Jayapura (Papua), Kota Mataram (NTB), Kota Banda Aceh (DI Aceh Darussalam), Kota Makassar dan Kabupaten Maros (Sulawesi Selatan), Kota Semarang dan Surakarta (Jateng), Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang (Jabar), Kota Pontianak dan Kabupaten Kayong Utara (Kalbar), Kota Surabaya dan Kabupaten Malang (Jatim).

Di daerah-daerah tersebut, RTRC-Kemitraan bersama organisasi masyarakat sipil yang tergabung dalam Tim Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil (CSO) dan pemerintah daerah telah mulai mengembangkan pelayanan dasar yang lebih baik, mengembangkan instrumen pengawasan warga atas kinerja pelayanan publik.

Dengan dikemukakannya keberhasilan-keberhasilan itu diharapkan mampu memperkuat pesan dari daerah ke pemerintah pusat.

"Pameran diharapkan mampu memperkuat penegasan pesan dari daerah dan masyarakat sipil kepada Pemerintah Pusat untuk keberlanjutan reformasi birokrasi," jelas Rizal.

Jambore pun rencananya bakal dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Mantan WamenPAN-RB Eko Prasojo, Wakil Ketua Komisi Aparatur Irham Dilmy, para pemangku kepentingan birokrasi di tingkat nasional dan para perwakilan-perwakilan daerah.
(MEL)