Ini Instruksi Jokowi Jelang Puasa dan Lebaran

Desi Angriani    •    Rabu, 03 Jun 2015 19:06 WIB
ramadan 2015
Ini Instruksi Jokowi Jelang Puasa dan Lebaran
Jokowi saat membacakan susunan pansel---MetroTV/Anggi Hasibuan

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menginstruksikan stok pangan selama Ramadan dan Idul Fitri 1436 H, harus terjamin aman. Harganya juga harus terjangkau.

Instruksi Presiden disampaikan dalam delapan poin. "Pertama, Presiden Jokowi menginstruksikan terjaminnya ketersediaan pangan dengan harga terjangkau," kata anggota Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (3/6/2015).

Kedua, kata Teten, kementerian harus menggelar operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok pangan. Ketiga, menindak tegas penimbum BBM dan kebutuhan bahan pokok.

"Keempat, memprioritaskan kendaraan pengangkut logistik dan memberantas pungli agar ketersediaan pangan terjamin," imbuh Teten.

Kemudian, menjaga agar inflasi ekstrem tidak terjadi selama Ramadan dan Idul Fitri. Caranya dengan memantau harga kebutuhan pokok seperti beras, daging, telur, cabai, bawang, dan sayuran.

Keenam, impor adalah solusi terakhir. Jika penyerapan hasil-hasil pertanian, perkebunan, dan pertenakan tidak mencukupi.

"Ketujuh, mempercepat dan menjamin kelancaran serta kelayakan distribusi raskin di Juni 2015," pungkas dia.


(TII)