Bebas dari Eksekusi, 6 WNI Diharapkan Belajar dari Pengalaman

Fajar Nugraha    •    Rabu, 03 Jun 2015 19:52 WIB
wni
Bebas dari Eksekusi, 6 WNI Diharapkan Belajar dari Pengalaman
WNI asal Banjarmasin yang berhasil dibebaskan (Foto: Dok.Kemlu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lolos dari ancaman eksekusi mati di Arab Saudi, enam warga negara Indonesia (WNI) asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan, diharapkan bisa instropeksi diri.

WNI bernama Saiful Mubarok, Sam ani Muhammad, Muhammad Mursyidi, Ahmad Zizi Hartati, Abdul Aziz Supiyani dan satu orang fasilitator Muhammad Daham Arifin ini melakukan pembunuhan terhadap warga Pakistan tersebut karena kesal korban menggoda salah satu istri pelaku.

Kesal, pelaku membunuh korban dengan cara mengeroyoknya. Tidak puas dengan membunuh, para pelaku pun menyemen korban di tembok.

"Enam orang ini sudah jalani hukumannya di Arab Saudi dan dibebaskan, lokus hukumnya di Saudi dan mereka sekarang sebagai orang bebas. Ada lesson learned (pelajaran) untuk saat ini dan masa mendatang. Pelajaran bagi semua orang Indonesia yang mau melancong maupun kerja di luar," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Lalu Muhammad Iqbal, di Ruang Palapa Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (3/6/2015).

"Trik utama (dalam upaya pembebasan WNI ini adalah) konsistensi dan kontinuitas. Diplomat kita tanpa bicara akan konsisten, ketika terlalu banyak bicara hasilnya bisa kontraproduktif," lanjutnya.

Untuk pencegahan, Kemenlu menyerukan WNI untuk hormati hukum negara tujuan. Untuk TKI perlu dibekali pengertian atas hukum setempat.

Hingga kini, 321 WNI yang terancam hukmat di luar negeri tidak semua TKI. Namun kebetulan di Timur Tengah hampir semua TKI. Sebagian besar WNI biasa, sehingga himbauan hormati hukuman mati untuk semua.

Sementara Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Rudi Affandi mengatakan, 'Enam Banjar' ini akan diserahkan ke bupati masing-masing. Mengenai pembinaan WNI, hal tersebut diserahkan kepada pemprov dan pemkab.

Sejak Januari 2015, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengupayakan pembebasan WNI terancam hukuman mati sebanyak 33 orang.
 


(FJR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA